Jenis-jenis Kura-kura Air Tawar Memiliki Corak Menarik dan Cocok Dipelihara di Rumah

Jenis-jenis Kura-kura Air Tawar Memiliki Corak Menarik dan Cocok Dipelihara di Rumah

Ekel Suranta Sembiring
2021-02-04 17:46:59
Jenis-jenis Kura-kura Air Tawar Memiliki Corak Menarik dan Cocok Dipelihara di Rumah
Kura Kura Brazil (foto: Kuranesia)

Kura-kura air tawar merupakan reptil yang memiliki tempurung keras yang melindungi hewan tersebut dari pemangsa. Kura-kura air tawar biasa ditemukan di danau, rawa dan bahkan di dasar sungai.

Dari berbagai jenis kura-kura air tawar beberapa di antaranya memiliki corak menarik dan cocok dipelihara di rumah. Penasaran? Berikut jenis-jenis kura-kura air tawar memiliki corak menarik dan cocok dipelihara di rumah:

Baca Juga: Jenis-jenis Ikan Piranha yang Diperjual Belikan di Indonesia

1. Kura-Kura Diamondback

(foto: bacaterus.com)

Kura-kura yang berasal dari Amerika Selatan dan Timur ini merupakan salah satu jenis kura-kura yang memiliki corak terlihat menarik. Kura-kura jantan bisa tumbuh sekitar 5 inci tapi betina bisa jauh lebih besar ukurannya hingga 7,5 inci panjangnya.

Diamondback bisa jadi hewan peliharaan keluarga yang bagus. Selain itu, diamondback juga cukup menyenangkan untuk dipelihara, tapi lingkungan mereka harus dijaga agar tetap bersih supaya hewan ini bisa berkembang.

2. Kura-Kura Yellow-bellied Slider

(foto: bacaterus.com)

Kura-kura bernama ilmiah Trachemys scripta scripta ini berasal dari daerah antara Meksiko dan Amerika Serikat. Nama Yello-bellied slider diambil dari garis-garis kuning yang terlihat di leher dan kepala mereka serta di bagian perut.

Sisa tubuh kura-kura berwarna coklat gelap. Kura-kura ini bisa mencapai panjang sekitar 11,8 inci dan senang menghabiskan waktu di danau menikmati sinar matahari. Yellow-bellied slider mudah beradaptasi dengan lingkungan rumah tapi jika ditinggalkan bisa jadi spesies invasive.

3. Kura-Kura Box

(foto: nkytribune.com)

Kura-kura jenis ini juga menjadi hewan peliharaan keluarga yang paling disukai. Bentuk tubuhnya kecil dan memiliki panjang sekitar 6 inci yang membuatnya hewan ini mudah diurus.

Jenis box turtle jantan mempunyai ekor yang lebih panjang dibandingkan jenis betina. Seperti kura-kura air tawan lainnya, Box Turtle merupakan kura-kura omnivora dan hidup di alam liar. Hewan ini biasanya tinggal dekat dengan habitat tempat mereka dilahirkan.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Daun Cantik dengan Harga Puluhan Ribu

4. Kura-Kura Red-eared Slider

(foto: noozhawk.com)

Habitat alami kura-kura ini berada di Meksiko dan Amerika Serikat, Rumah utamanya ada di daerah Mississippi. Jenis kura-kura ini adalah hewan peliharaan populer dan banyak dijual di toko-toko.

Tubuh red-eared slider berwarna hijau gelap juga terdapat warna kuning. Fitur yang paling menonjol dari kura-kura ini dan alasan di balik penamaannya adalah dua tanda merah yang ada di sisi kepalanya. Tempurung kura-kura red-eared slider sedikit condong dari bawah ke tubuhnya.

Tempurungnya nampak seperti itu karena red-eared slider merupakan kura-kura semi-akuatik, yaitu, bisa hidup di air atau di darat. Jenis kura-kura ini mudah dikenali di sungai-sungai di selatan Amerika Serikat, untuk lebih khususnya, di Sungai Mississippi.

5. Kura-Kura Tutul

(foto: mass.gov)

Kura-kura tutul sangat indah dan mempunyai tempurung berwarna hitam atau biru dengan bintik-bintik kuning kecil yang juga meluas ke kulitnya.

Jenis kura-kura ini merupakan kura-kura omnivora yang hidup di daerah air tawar. Asalnya dari Amerika Serikat bagian timur dan Kanada. 

Baca Juga: Daftar Ikan Hias Air Tawar Cantik dan Indah Tapi Langka, Berikut Gambarnya

6. Kura Kura Brazil

(foto: ikanesia.id)

Kura kura brazil atau biasa disebut res merupakan kura kura yang sangat familiar dan mudah di cari. Banyak sekali pedagang kura kura yang menjual jenis kura kura ini lantaran mudah di budidayakan dan harga yang terbilang masih murah membuat kura kura ini menjadi sangat laku.

Untuk pemula sangat di rekomdasikan untuk mencoba memelihara kura kura jenis ini. Makanan kura kura brazil bisa berupa pelet, udang dan ikan ikan kecil seperti anakan ikan mas dan lain-lain. 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30