5 Jenis Bunga Melati yang Paling Populer, Berikut Gambarnya!

5 Jenis Bunga Melati yang Paling Populer, Berikut Gambarnya!

Ekel Suranta Sembiring
2021-01-30 17:08:15
5 Jenis Bunga Melati yang Paling Populer, Berikut Gambarnya!
Melati Jepang (foto: Laxada)

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun.

Siapa yang tidak tahu dengan keharuman bunga melati yang sangat semerbak di malam hari? Ya, bunga ini faktanya lebih mengeluarkan keharumannya di malam hari.

Berikut Correcto.id akan merangkum 5 jenis melati yang paling populer:

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Bakal Populer di Dunia, Berikut Gambarnya

1. Melati Raja

Melati Raja (foto: alamendah.org)

Jenis melati yang satu ini adalah jenis terbesar dari keluarga melati. Bunganya bisa tumbuh dalam ukuran yang besar dan sangat penuh dengan mahkota. Meski melati raja atau Jasmine rex juga memiliki daun yang relatif besar dan bunganya dengan rimbun serta besar.

Semerbak keharuman yang dipancarkannya pun membuat siapapun sayang untuk melewatkan tanaman ini sebagai tanaman hias. Warnanya yang indah, sehingga sangat sayang jika tidak menanamnya di halaman rumah.

2. Melati Putih

Melati Putih (foto: radarpekalongan.co.id)

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan keindahan dan keharuman bunga melati putih. Jenis bunga melati ini paling sering digunakan dalam acara pernikahan, sebagai hiasan atau dijadikan campuran teh.

Melati putih atau Jasminum sambac telah dibudidayakan sejak lama. Saat itu melati putih diperkenalkan ke Malaysia dan Jawa, Indonesia sekitar abad ketiga.

Tanaman semak kecil yang sangat harum tersebut memiliki penggemar tersendiri. Biasanya melati putih mekar bersamaan saat musim hujan.

Baca Juga: Jenis-jenis Monstera Tanaman Hias Berdaun Bolong yang Populer

3. Melati Jepang

Melati Jepang (foto: Laxada)

Siapa yang tidak mengenal bunga melati? Nah, salah satunya ada jenis melati Jepang yang menjadi favorit dari sekian banyak keluarga melati. Melati Jepang punya pohon yang tergolong kecil dan bunganya berwarna putih dengan bagian ungu di tengah.

Tinggi batang melati Jepang hanya sekitar ½ sampai 2 meter, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias rumah di dalam pot.

4. Melati Gambir

Melati Gambir (foto: Shopee)

Melati gambir sekilas sangat mirip dengan bunga kamboja putih. Tanaman hias ini berbeda dengan jenis melati hias lainnya. Batangnya berkayu dengan percabangan cukup banyak, melati gambir beruas-ruas memiliki panjang antara 25-20 cm dan berdiameter hingga 1 cm.

Seperti halnya melati, bunga yang bernama latin Jasminum officinale punya aroma harum dan pohon cukup lebat. Biasanya bunga melati gambir ditanam sebagai tanaman hias bunga untuk halaman dan taman.

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Bunga ini Dapat Dimakan, ini Khasiatnya

5. Melati Bintang

Melati Bintang (foto: iStock)

Melati satu ini diberi nama sesuai dengan bentuk mahkotanya yang mirip bintang. Warna putihnya seolah-olah memberi isyarat bagaikan bintang yang bersinar di langit malam. Melati bintang yang hanya digunakan sebagai hiasan ternyata tidak memiliki banyak manfaat.

Pada umumnya, melati bintang yang tumbuh dengan batang kuat bisa berkembang hingga besar. Meski demikian, melati bintang dapat diperuntukkan dan dilatih tumbuh di pagar atau di dinding rumah.

Itu dia 5 jenis bunga melati yang populer, kamu suka yang mana?


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30