6 Jenis Tanaman Hias Akar Cantik dan Unik, Dijamin Buat Rumah Makin Menarik

6 Jenis Tanaman Hias Akar Cantik dan Unik, Dijamin Buat Rumah Makin Menarik

Ekel Suranta Sembiring
2021-01-25 15:50:02
6 Jenis Tanaman Hias Akar Cantik dan Unik, Dijamin Buat Rumah Makin Menarik
Tanaman Hias Akar (foto: kabarterbaru.co)

Berbagai jenis tanaman hias yang ada di dunia, rata-rata mengandalkan daun dan bunganya membuat terlihat menarik. Jarang kita ketahui, beberapa tanaman hias akar juga terlihat cantik. 

Akarnya yang terlihat unik, tanaman hias akar ini dijamin buat rumah terlihat menarik. Langsung saja, berikut tanaman hias akar cantik dan unik:

Baca Juga:  Deretan Jenis Tanaman Hias Begonia, Mempesona Sekali!

1. Ulumus Cina


(foto: starfarm.co.id)

Tanaman ulumus Cina ini dapat ditanam di dalam pot sebagai tanaman yang unik akarnya. Aslinya tanaman ini dapat mencapai ketinggian 10 meter jika tidak dibuat menjadi bonsai.

Perawatan tanaman ini cukup mudah karena tahan di segala cuaca dan kondisi lingkungan. Namun Anda harus memilih pot yang sesuai dan cocok agar tanaman dapat terlihat lebih indah dan sedap dipandang mata.

2. Azalea


(foto: bonsaiklasik.blogspot.com)

Tanaman azalea mungkin masih terdengar cukup asing di telinga kita. Namun tanaman ini juga termasuk tanaman hias yang dapat dibuat unik bagian akarnya. Untuk membuat akarnya menjadi unik butuh waktu yang cukup dan ketlatenan ekstra.

Selain digemari karena akarnya yang unik, azalea ini juga memiliki bunga yang indah seperti bougenville dan adenium. Jenis tanaman ini memiliki banyak varietas bunga dan warnanya juga beraneka ragam.

Baca Juga: Berbagai Jenis Tanaman Hias Berdaun Kuning Mempesona, Sudah Punya?

3. Bougenvile


(foto: paktanidigital.com)

Tanaman lain yang dapat terlihat indah di bagian akarnya adalah bougenvile. Biasanya para pembuat bonsai bougenvile akan merekayasa sehingga akar tanaman bisa tumbuh di atas tanah dan terlihat eksotik.

Tanaman bougenvile memiliki akar yang cukup kuat dan dapat mencengkram benda yang ada di bawah akarnya. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk membuatnya menjadi tanaman hias yang berakar unik. Selain itu tanaman ini juga akan bertambah indah saat bunganya rimbun.

4. Karet Kebo


(foto: starfarm.co.id)

Tanaman hias akar karet kebo ini memiliki nama latin ficus elastica. Nilai plusnya terdapat di akar dan batangnya yang sangat menarik bila sudah dijadikan sebagai bonsai. Biasanya orang memotong bagian akarnya sehingga dapat terbentuk seperti yang diinginkan.

Jangan khawatir, pemotongan akar ini tidak akan menjadikan tanaman mati karena akan tumbuh kembali dengan cepat. Hasilnya tentu saja Anda akan mendapatkan tanaman seperti yang diinginkan.

5. Adenium


(foto: Bibit Online)

Pohon kamboja jepang ini dikenal dengan sebutan adenium dan ukurannya kecil. Tanaman ini juga digemari karena bisa dibuat menjadi bonsai dengan akar yang indah. Letak seninya ada di akarnya yang besar dan meliuk karena di rekayasa sedemikian rupa.

Tanaman ini juga semakin cantik saat tumbuh bunga yang rimbun mengalahkan banyaknya daun yang ada. Ada banyak varietas bunga adenium ini dan memiliki warna serta corak yang beraneka ragam. Agar bertambah unik, ada pula yang menyambungnya dengan jenis berbeda sehingga dalam satu tanaman terdapat beberapa jenis bunga.

Baca Juga: 3 Tanaman Hias Mampu Hidup di Ruangan Gelap

6. Beringin


(foto: Rumah.com)

Bonsai beringin adalah salah satu primadona dari tanaman hias akar. Akarnya yang meliuk-liuk dan bernilai seni tinggi ini yang membuatnya memiliki harga mahal di pasaran. Daya tarik lainnya juga terdapat dari akar gantung yang dimiliki sehingga terlihat khas.

Jadi tidak heran bila banyak sekali orang yang memburunya untuk dijadikan penghias rumah. Namun dalam perawatannya, tanaman ini membutuhkan ketlatenan dan ketelitian agar hasilnya memuaskan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30