Deretan Jenis-jenis Anggrek dengan Bunga Cantik yang Jarang Ditemui

Deretan Jenis-jenis Anggrek dengan Bunga Cantik yang Jarang Ditemui

Ekel Suranta Sembiring
2020-12-29 13:23:07
Deretan Jenis-jenis Anggrek dengan Bunga Cantik yang Jarang Ditemui
Tanaman Hias Anggrek (foto: Tokopedia)

Bunga Anggrek merupakan salah satu dari banyaknya tanaman hias yang banyak digemari orang-orang. Pasalnya, selain punya bunga cantik, juga anggrek punya beragam jenis bunga yang sangat terlihat indah.

Nah dari berbagai macam jenis bunga anggrek yang ada, berikut ini berbagai jenis bunga anggrek tercantik dan termahal di dunia:

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 5 Tanaman Hias Termahal di Dunia, dari Indonesia Hadir Lho!

1. Anggrek Hitam


(foto: Phinemo)

Anggrek Hitam atau Coelogyne pandurata adalah bunga anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Sumatera. Bunga anggrek ini merupakan maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Sayangnya, habitat asli anggrek hitam ini mengalami penurunan karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan. Tapi anggrek ini masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit.

2. Anggrek Bulan


(foto: Bobo.id)

Anggrek Bulan atau puspa pesona adalah salah satu bunga anggrek tercantik dan salah satu bunga nasional Indonesia. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda bernama Dr. C.L. Blume. Bunga anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua dan Australia. 

Bunga anggrek ini bertahan hidup secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter diatas permukaan laut. 

Bunga anggrek ini termasuk tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Selain itu, daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang serta akar berwarna putih. Bunga anggrek ini memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.

3. Anggrek Bulan Kalimantan Barat


(foto: Info seputar tanaman bunga)

Anggrek Bulan Kalimantan Barat adalah salah satu jenis bunga anggrek termahal, bunga anggrek ini sering disebut Paraphalaenopsis serpentilingua. Bunga anggrek ini memiliki warna putih serta kuning pada bagian tengahnya sehingga terlihat sangat indah sekali. Tak heran jika jenis bunga anggrek ini termasuk salah satu bunga anggrek tercantik.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Cantik Dapat Membawa Keberuntungan Menurut Islam dan Feng Shui

4. Anggrek Emas Kinabalu


(foto: Blog Unik)

Anggrek Emas Kinabalu adalah salah satu jenis bunga anggrek termahal dan bisa dikatakan cukup langka. Bunga anggrek ini terdapat di Kalimanta Utara dan harganya pun cukup mahal, dimana bunga anggrek ini dibandrol berkisaran Rp. 76 Jutaan. Harga bunga anggrek ini bisa dikatakan sepadan karena bunga anggrek emas kinabalu ini akan tumbuh selama 15 tahun agar dapat berbunga, dimana umut 8 tahun hingga 10 tahun baru memasuki umur dewasa.

5. Anggrek Jamrut


(foto: Deweezz.com)

Anggrek Jamrut adalah salah satu jenis anggrek termahal dimana bunga anggrek ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia, Filipina, Fiji, Samoa dan lainnya. Anggrek ini memiliki ciri-ciri yaitu ukuran bunga 2,5 cm serta memiliki ukuran mencapai 10 hingga 40 cm untuk ukuran dewasa.

6. Anggrek Sendok


(foto: bibitbunga.com)

Anggrek Sendok adalah salah satu jenis anggrek termahal dan bisa dikatakan juga jenis anggrek yang langka. Bahkan pemerintah telah menjadikan Anggrek Sendok ini sebagai tanaman dilindungi oleh pemerintah. Hal ini karena populasinya semakin sedikit dan harus dilindungi. Anggrek Sendok ini memiliki ciri-ciri seperti bunganya memiliki warna kuning dengan corak putih dibagian tengahnya.

Baca Juga: Deretan Jenis-jenis Tanaman Hias Punya Bunga Beraroma Harum Cocok untuk Halaman Rumah

7. Anggrek Bulan Bintang


(foto: blog unik)

Anggrek satu ini termasuk salah satu bunga anggrek termahal, dimana anggrek ini bernama Anggrek Bulan Bintang. Jenis anggrek ini memiliki bunga yang sangat indah dan bunga ini mudah ditemukan di ketinggian 300 mdpl. Bunga anggrek ini memiliki 4 spesies yaitu Paraphalaenopsis denevei, Paraphalaenopsis labukensis, Paraphalaenopsis laycockii dan Paraphalaenopsis serpentilingua.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30