Tugas Berat Menanti Sandiaga Uno, Menparekraf Baru Presiden Jokowi

Tugas Berat Menanti Sandiaga Uno, Menparekraf Baru Presiden Jokowi

Ahmad Diponegoro
2020-12-23 10:27:15
Tugas Berat Menanti Sandiaga Uno, Menparekraf Baru Presiden Jokowi
Sandiaga Uno resmi menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio pada Rabu 23 Desember 2020 di Istana Negara, Jakarta. Ini tugas yang berat menanti Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno resmi menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio pada Rabu 23 Desember 2020 di Istana Negara, Jakarta. Ini tugas yang berat menanti Sandiaga Uno.

Pelantikan Sandiaga Uno sebagai Menparekraf meruapakan asil reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju di Istana pemerintahan Presiden Jokowi.

Sandiaga, begitu sapaan akrabnya ditunggu beberapa tugas yang amat berat soal pariwisata yang terpuruk akibat pandemi corona.


Di sisi lain, sampai saat ini belum ada ahli bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan kapan virus yang berasal dari Wuhan, China ini akan berakhir.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri di Istana Negara

Usai ditunjuk sebagai Menparekraf, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyadari tugas yang amat besar.

"Tentunya, dalam konteks ini, tugas dan amanah yang disampaikan oleh Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari COVID-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi COVID-19 dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga beberapa saat setelah diumumkan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio pada Selasa 22 Desember 2020 di Istana Negara, Jakarta. 

"Kedua, tentunya adalah jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif  berjumlah belasan mungkin puluhan juta yang mesti kita selamatkan," dia menambahkan.

Terakhir, pelopor Oke Oce ini mengatakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan menjadi lokomotif pasca pademi corona. 

Dia optimis, dapat melanjutkan beberapa agenda pembangunan dan menghadirkan kesejahteraan pada rakyat, masyarakat Indonesia.

"Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan jadi lokomotif pasca-pandemi COVID-19 untuk kita melanjutkan agenda-agenda pembangunan di sekitar ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan pada rakyat, masyarakat Indonesia," Sandiaga Uno menegaskan.


Baca Juga: Biografi dan Profil Lengkap Pahala Mansury, Dirut BTN yang Ditunjuk Jadi Wamen BUMN

Sekedar informasi, Presiden Joko Widodo resmi melantik enam menteri dan lima wakil menteri baru hasil reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Desember 2020.

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri dan wakil menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan menteri dan wakil menteri.

Berikut menteri dan wakil menteri yang dilantik Jokowi:

Menteri

1. Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial

2. Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan

4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama

5. Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

6. M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan

Wakil Menteri

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan

2. Edward Omar Syarif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi

Manusia;

3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan;

4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian;

5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.


Share :