Ini Beberapa Pembalap yang Berpisah dengan Timnya di MotoGP

Ini Beberapa Pembalap yang Berpisah dengan Timnya di MotoGP

Alpandi Pinem
2020-11-25 20:20:14
Ini Beberapa Pembalap yang Berpisah dengan Timnya di MotoGP
MotoGP (Istimewa)


MotoGP 2020 telah resmi berakhir, balapan di Sirkuit Portimao dalam gelaran MotoGP Portugal menjadi seri penutup musim ini.  Balapan itu pun menjadi lebih berkesan karena banyak pembalap yang tak akan membela tim mereka lagi musim depan.

Salah satu pembalap yang akan berpisah jalan dengan timnya adalah Valentino Rossi. Pada petualangan keduanya bersama Yamaha, Rossi telah bertahan selama delapan musim untuk menjadi pembalap tim pabrikan mereka, yakni sejak 2013.

Kendati demikian, para petinggi Yamaha sudah memutuskan untuk menggunakan jasa Fabio Quartararo sebagai pembalap pabrikan di MotoGP 2021. Sebagai gantinya, Valentino Rossi pun dikirim ke tim satelit Yamaha untuk mengisi kursi kosong yang ditinggal Quartararo.

Baca Juga : Enea Bastianini, Bintang Baru ari Italia yang Akan Bersaing di MotoGP

Tidak hanya di kubu Yamaha, pergantian pembalap juga dilakukan oleh tim-tim lain. Hal ini tentu menimbulkan efek domino. Repsol Honda misalnya, mereka telah membuat kebijakan untuk berpisah jalan dengan Alex Marquez setelah menjalin kerja sama selama satu musim.

Alex Marquez dikirim ke tim satelit, yakni LCR Honda. Hal ini membuat posisi Cal Crutchlow tergeser. Sementara itu, yang akan menemani Marc Marquez di tim pabrikan adalah Pol Espargaro yang mereka rekrut dari KTM Red Bull.

Hengkangnya Pol Espargaro membuat KTM membuat Miguel Oliveira dipromosikan dari tim satelit ke tim pabrikan. Meski awalnya Oliveira tidak diperhitungkan, namun dalam gelaran MotoGP 2020 ia berhasil menyabet dua kemenangan.

Baca Juga : Ini Kata Valentino Rossi Setelah Joan Mir Juara Dunia di MotoGP 2020

Pergantian pembalap juga dilakukan oleh kubu Ducati. Di musim balap MotoGP 2020, Ducati mengandalkan Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci sebagai pembalap pabrikan. Akan tetapi, di 2021, Ducati akan memakai jasa Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Ducati sebenarnya berniat mempertahankan Dovizioso, namun pembalap berpaspor Italia itu yang menolak untuk memperbarui kontraknya. Dovizioso merasa petualangannya dengan Ducati sudah selesai dan memilih jalan lain.

Baca Juga : Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020 dengan Perolehan Poin Paling Sedikit

Berbeda dengan Dovizioso, Petrucci adalah pembalap yang memang sudah tidak diinginkan lagi oleh Ducati. Sebab, Petrucci dinilai gagal mememenuhi ekspektasi. Pada akhirnya, Petrucci bergabung dengan tim satelit KTM untuk mennggantikan Oliveira.

Suzuki Ecstar bisa dibilang menjadi satu-satunya tim yang tidak melakukan pergantian pembalap untuk MotoGP 2021. Mereka masih akan menggunakan jasa pembalap mereka di musim 2020, yaitu Joan Mir dan Alex Rins.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24