Biografi dan Profil Lengkap Menteri Edhy Prabowo yang Ditangkap KPK

Biografi dan Profil Lengkap Menteri Edhy Prabowo yang Ditangkap KPK

Yuli Nopiyanti
2020-11-25 09:06:41
Biografi dan Profil Lengkap Menteri Edhy Prabowo yang Ditangkap KPK
Edhy Prabowo (Foto:Dok.Instagram/edhy.prabowo)

Biografi dan profil lengkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang dikabarkan ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada Rabu 25 November 2020, setibanya di Bandar Soekaro-Hatta usai lawatan ke AS.

Edhy merupakan perwakilan dari Partai Gerindra yang masuk dalam jajaran kabinet. Dia lahir di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, 26 Desember 1972.

Baca Juga: Penyidik Senior KPK Novel Baswedan Pimpin Penangkapan Menteri KKP Edhy Prabowo

Edhy Prabowo berlatar belakang pendidikan lulusan dari fakultas Manajemen Universitas Moestopo, pada 1997. Dia kemudian melanjutkan sekolah bisnis di Swiss German University tahun 2004.


Edhy Prabowo juga sempat diterima masuk AKABRI di Magelang, Jawa Tengah, pada 1991. Mantan atlet silat nasional ini juga pernah memenangkan berbagai kejuaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) dan kejuaraan tingkat Internasional.

Tak hanya itu, Edhy Prabowo juga dikenal pandai dalam mengelola bisnis. Pada 2007, dia mendirikan perusahaan jasa keamanan, PT Garuda Security Nusantara.


Berbekal pengalaman bisnisnya di situ, Edhy dipercaya menjadi Presiden Direktur dan menjadi Komisaris di PT Kiani Lestari Jakarta, perusahaan kertas milik Prabowo Subianto.

Edhy Prabowo juga memimpin beberapa perusahaan, seperti PT Alas Helau, sebagai Direktur tahun 2004-2015 dan PT Tusam Hutani Lestari sebagai Direktur Utama tahun 2004-2015.

Disislain untuk karier politiknya, Edhy Prabowo mulai dekat dengan Prabowo Subianto saat Ketua Umum Partai Gerindra itu masih berpangkat letkol dan menjadi pejabat Dangrup II TNI AD.

Edhy Prabowo memulai karier politiknya di 2005 dengan aktif berorganisasi di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan HKTI.


Edhy juga aktif di Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia dan Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPSMI), dan beberapa organisasi lain.

Edhy pun ikut bergabung dengan Partai Gerindra. Edhy Prabowo dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra (2012-sekarang).

Pada 2009-2014, Edhy terpilih menjadi anggota DPR. Dia bertugas di Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi dan BUMN.


Ditahun 2014-2019, Edhy bertugas menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan pangan.

Baca Juga: Menteri Edhy Prabowo Ditangkap KPK Pasca Pulang dari AS


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30