Jenis Keladi Paling Mahal, Kamu Sudah Tahu?

Jenis Keladi Paling Mahal, Kamu Sudah Tahu?

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-06 17:01:56
Jenis Keladi Paling Mahal, Kamu Sudah Tahu?
Keladi Red Kujang (foto: Shoope)

Semenjak pandemi Covid-19, banyak orang di Indonesia yang memiliki hobi baru selama di rumah saja. Salah satunya adalah merawat dan membeli tanaman hias. Merawat tanaman ini jadi salah satu alternatif untuk menghilangkan kejenuhan.

Karena hal ini, sejumlah tanaman hias menjadi lebih mahal. Sebut saja janda bolong, aglaonema dan sebagainya. Ada salah satu tanaman hias yang dulunya tidak diperhitungkan dan bahkan menjadi salah satu tanaman liar. Tanaman ini disebut keladi.

Salah satu ciri khas keladi sesuai dengan ciri semua anggota Araceae adalah bentuk bunganya. Bunga keladi mempunyai tonjolan bulat memanjang dengan ujung tumpul yang disebut spadiks. Spadiks di bungkus oleh selundang yang disebut spata. Umumnya warna spadiks sesuai dengan spatanya.

Saat masih muda spata membungkus spadiks dengan rapat kemudian mekar,sehingga spadiks akan terlihat. Spata memiliki warna yang beragam, tetapi satu spata umumnya hanya terdiri dari satu atau dua warna.

Berikut 4 jenis keladi yang harganya lumayan paling mahal:

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Daun Cocok untuk Dalam dan Diluar Rumah

1. Keladi Hibrida


Keladi Hibrida (foto: Shoope)

Kalau jenis yang satu ini harganya enggak main-main. Untuk mendapatkannya, kamu harus merogoh kocek sangat dalam. Harganya mencapai Rp 4,3 juta untuk satu tanaman ini saja. Hybrid monstruosum memiliki bentuk daun yang mengerucut, dengan pangkal daun membentuk kuping. Tanaman keladi ini memiliki warna hijau yang dapat membuat mata segar.

2. Keladi Thailand


Keladi Thailand (foto: Tokopedia)

Jenis keladi yang satu ini memiliki warna dan corak yang sangat cantik. Sejalan dengan itu, harga keladi thailand juga ‘cantik’. Di Tokopedia dan Bukalapak misalnya, harganya berkisar beberapa ratus ribu rupiah, bahkan ada yang di atas 1 juta rupiah. Cukup mahal untuk harga kebanyakan keladi, namun relatif lebih terjangkau dibanding sejumlah bunga lain yang per helainya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Berbagai jenis keladi thailand menjadi pilihan yang bagus untuk menjadi koleksi keladi pecinta tanaman hias. Keunikannya terletak pada perbedaan warna saat tanaman ditempatkan di tempat teduh & terkena cahaya matahari penuh.

Baca Juga: Wow! Ini 5 Tanaman Hias Paling Mahal di Indonesia, Ada Seharga Ratusan Juta Lho!

3. Keladi Minyak/ Red Stardust


Keladi Minyak/ Red Stardust (foto: karanganyar.news)

Jenis tanaman keladi hias yang paling sering dijadikan tanaman hias adalah dari jenis keladi yang berwarna merah. Tanaman hias daun yang satu ini memiliki daun seperti keladi namun ada bercak dan terdapat warna merah di atasnya. Tanaman ini akan terlihat sangat cantik apabila ditanam di pekarangan rumah, taman ataupun sebagai tanaman hias dalam pot. Keladi merah sangat mudah ditanam dan sangat adaptif terhadap segala jenis tanah. Untuk keladi jenis ini harganya dibanderol sekitar Rp. 100.000 – 750.000.

Jika dibandingkan dengan tanaman jenis lain yang sedang popular, tanaman keladi ini masih terjangkau harganya. Keladi ini bisa menjadi hobi yang bisa membuat rumah dan pekarangan Anda menjadi cantik tanpa membuat dompet meringis.

Baca Juga: 6 Tumbuhan Unik di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!

4. Keladi Red Kujang


Keladi Red Kujang (foto: Shoope)

Red kujang, bentuk daun seperti senjata khas daerah Jawa Barat. Harganya mencapai 3 juta rupiah di pasar online indonesia. Jenis bunga keladi mahal ini belum begitu dikenal masyarakat.

Belum banyak informasi mengenai keladi ini, seperti keladi pada umumnya keladi red kujang mengalami masa dormansi yaitu berhenti tumbuh sementara waktu. Masa ini sering terjadi pada musim hujan. Keladi yang mengalami masa dorman terlihat layu dan kering.

Menurut Djojohadi, “Banyak orang mengira tanaman mati saat berubah warna dan bentuk. Justru itu adalah masa dorman, saat keladi sedang beradaptasi. Biasanya saya membiarkan keladi itu, jika sudah ada sinar matahari maka akan saya jemur sebentar dan mengganti media tanam.” Setelah 3 sampai 4 bulan, daun keladi akan tumbuh lagi.

Sumber: karanganyar.news


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30