6 Tumbuhan Unik di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!

6 Tumbuhan Unik di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!

Ekel Suranta Sembiring
2020-10-30 16:38:14
6 Tumbuhan Unik di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!
Bunga Bibir (foto: Avaxnews)

Di Dunia banyak yang bisa kami temui jenis-jenis tumbuhan. Namun, beberapa diantaranya punya keunikan yang nyata-nyatanya berbeda.

Kali ini Correcto.id akan merangkum beberapa tumbuhan di dunia terlihat unik, ada dari Indonesia Lho!

1. Anggrek Berwajah Monyet


Anggrek Berwajah Monyet (foto: alimustikasari)

Anggrak berwajah monyet bernama ilmiah Dracula simia yang berarti Dracula bermakna naga kecil seperti yang terlihat pada dua taji panjangnya yang menyerupai naga. Simia merupakan istilah yang menjelaskan kalau bunga ini menyerupai seekor monyet.

Anggrek monyet ini biasanya tersembunyi di ketinggian hampir 2.000 meter di hutan tenggara Peru dan Ekuador.

Baca Juga: 8 Jenis Bunga Hias untuk Mempercantik Halaman Rumah, Salah Satunya Bunga Anggrek

2. Bunga Bibir


Bunga Bibir (foto: Avaxnews)

Tanaman ini bernama Psychotria elata. Tanaman kecil yang tumbuh di hutan tropis ini memiliki bunga yang dikenal dengan sebutan bunga bibir karena menyerupai bibir wanita bergincu merah.

Ditemukan di hutan hujan tropis di Amerika Tengah dan Selatan seperti Kolombia, Kosta Rika, Panama dan Ekuador, tanaman ini tampaknya telah berevolusi sehingga memiliki bentuk unik. Menariknya lagi, warna merah menggoda merupakan daya tarik utama untuk memancing kehadiran para penyerbuk seperti burung kolibri dan kupu-kupu.

3. Bunga Bangkai


Bunga Bangkai (foto: kompas.com)

Bunga bangkai (Amorphophallus titanium) merupakan tumbuhan suku talas-talasan (Araceae) yang endemik Sumatera, Indonesia, sekaligus dikenal sebagai tumbuhan bunga (majemuk) terbesar di dunia.

Bunganya sangat besar dan tinggi, berbentuk seperti lingga (sebenarnya adalah tongkol) yang dikelilingi oleh seludang bunga yang juga berukuran besar. Bunganya berumah satu dan protogini: bunga betina reseptif terlebih dahulu, lalu diikuti masaknya bunga jantan, sebagai mekanisme untuk mencegah penyerbukan sendiri.

Saat ini, bunga bangkai tersebar di penjuru dunia, terutama dimiliki oleh kebun botani atau penangkar-penangkar spesialis. Uniknya, banyak pengunjung yang datang justru ingin “menikmati” baunya itu.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias ini Dipercaya Pembawa Rezeki, Salah Satunya Lidah Mertua

4. Rafflessia


Rafflessia (foto: tirto.id)

Rafflesia atau bunga padma raksasa merupakan salah satu kekayaan keragaman hayati yang dijumpai di hutan tropis Indonesia. Rafflesia merupakan bunga yang dapat mengeluarkan bau busuk. Namun, masyarakat sering tertukar dengan penyebutan bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum).

Meskipun sama-sama berbau bangkai, jenis rafflesia (rafflesia spp) dan bungai bangkai raksasa merupakan jenis yang berbeda. Jika rafflesia bentuk bunganya melebar, maka bunga bangkai raksasa memiliki bunga tinggi memanjang. Jika rafflesia merupakan tumbuhan endoparasit, maka bunga bangkai merupakan tumbuhan seutuhnya yang berkembang dari umbi. Indonesia, tercatat sebagai rumah bagi 17 spesies rafflesia.

5. Tumbuo


Tumbuo (foto: Trekearth.com)

Tanaman bernama latin Welwitschia mirabilis ini sangat menakjubkan. Tumbuo hanya terdiri dari dua daun, satu batang kokoh, dan akar. Itu saja! Dua daun tersebut terus tumbuh hingga menyerupai surai berbulu bagai di film alien.

Batang pohonnya tidak tumbuh ke atas, melainkan hanya mengeras yang tingginya sekitar 2 meter dengan lebar 8 meter. Diperkirakan, umurnya bisa mencapai 1.500 tahun meski hidup dalam kondisi lingkungan paling ekstrim sekalipun.

Tumbuhan yang hanya ditemukan di daerah kecil di gurun Namibia dan selatan Angola ini dapat pula bertahan lima tahun lamanya tanpa hujan. Masyarakat lokal menjuluki tumbuo dengan sebutan Onyanga, yang berarti bawang gurun.

Baca Juga: 9 Tanaman Penghasil Oksigen yang Bisa Beri Efek Positif Bagi Kesehatan, Salah Satunya Lidah Mertua

6. Victoria Amazonica, Sang daun Raksasa


Victoria Amazonica, Sang daun Raksasa (foto: versesofuniverse.blogspot.com)

Inilah tanaman bunga terbesar dari keluarga Nymphaeaceae atau Water Lilies. Yang menakjubkan dari tanaman ini adalah daunnya yang lebar, hingga berdiameter 3 meter, dengan ujung ke atas sehingga tidak tumpang tindih dengan daun lain. Bagian bawahnya berduri yang berfungsi menghalangi satwa apapun untuk memakannya.

Keunikan lainnya, daun yang mengambang di atas air ini mampu menahan beban hingga 50 kg. Bunganya pun tergolong besar (diameter 40 cm), yang hanya bisa dilihat malam hari. Tanaman unik ini dapat ditemukan di cekungan Sungai Amazon, Amerika Selatan.

Sumber: GoodNews


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30