7 Jenis Burung Elang Terbesar di Dunia, Salah Satunya Elang Emas

7 Jenis Burung Elang Terbesar di Dunia, Salah Satunya Elang Emas

Ekel Suranta Sembiring
2020-10-29 14:18:00
7 Jenis Burung Elang Terbesar di Dunia, Salah Satunya Elang Emas
Elang Emas (foto: udipawirofalconry)

Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di beberapa negara di Dunia.  Elang juga punya jenis-jenis yang sangat banyak. Ada yang berukuran kecil dan ada juga berukuran yang sangat besar.

Nah, kali ini Correcto.id merangkum jenis elang yang punya ukuran di Dunia. Yuk, langsung saja simak berikut ini:

1. Burung Elang Haast


Ilustrasi Burung Elang Haast (foto: bacaberita-terbaru)

Elang yang disebut elang harpagornis ini sudah punah dan pernah hidup di pulau selatan Selandia Baru. Sampai sekarang ia dikenal sebagai elang terbesar yang pernah eksis. Selain berukuran besar, elang ini juga dikenal ganas di ekosistemnya.

Baca Juga: 10 Jenis Anjing Peliharaan Terbaik di Dunia, Salah Satunya Chihuahua

2. Elang-laut Steller


Elang-laut Steller (foto: sandiegozoo)

Burung besar ini berasal dari famili Accipitridae. Mereka memiliki ukuran antara 6, 8-9 kg, sehingga dinobatkan sebagai burung terberat di dunia. Mereka hidup di kawasan pesisir Asia Timur. Makanan kesukaannya adalah burung laut dan ikan. Panjang elang ini antara 85-105 cm. Bentang sayapnya antara 195-250 cm. Paruh dan cakarnya berwarna kuning. Selain besar, elang ini juga tampak kekar.

3. Burung Elang ekor putih


Burung Elang ekor putih (foto: wikipedia)

Elang terbesar di Eropa ini memiliki tubuh berwarna cokelat dan ekornya putih. Itulah kenapa ia dinamai sebagai White-tailed Eagle. Paruh, mata, dan kakinya berwarna kuning. Panjangnya antara 74-92 cm, sedangkan lebar sayapnya mencapai ukuran antara 193-244 cm. Mereka memburu dan memangsa burung lain, ikan, dan mamalia seperti domba atau rusa.

Baca Juga: 7 Semut Paling Berbahaya di Dunia, Salah Satunya Semut Bulldog

4. Elang ekor baji


Elang ekor baji (foto: trevorsbirding)

Elang berikutnya mempunyai beberapa nama panggilan antara lain; Garuda Australia, Eaglehawk dan Bunjil. merupakan burung pemangsa terbesar di Papua dan Australia. Lebar sayapnya bisa berukuran sampai 2,3 meter. Paruhnya pucat. Sekitar matanya berwarna cokelat dan kakinya putih. Elang betina memiliki bobot tubuh sekitar 5,3 kg. Sedangkan elang jantan lebih ringan, sekitar 3,2 kg. Mereka biasanya hidup di daerah pegunungan dan permukaan laut. Biasanya mereka senang dengan kawasan lanskap hutan dan tanah terbuka.

5. Elang Emas


Elang Emas (foto: udipawirofalconry)

Elang emas/golden eagle menjadi burung nasional paling terkenal, khususnya di negara-negara seperti Austria, Jerman, Albania dan Meksiko. Mereka cukup banyak ditemukan di belahan bumi utara. Di Amerika Utara sendiri, elang emas dikenal sebagai burung pemangsa paling kuat dan cepat. Sesuai namanya, burung ini memiliki warna coklat tua dan keemasan di area kepala dan lehernya. Bobot tubuhnya antara 3,1-6,2 kg. Sedangkan lebar sayapnya antara 185-220 cm. Mereka mengonsumsi mamalia kecil seperti jackrabiit, kadang juga sampai memburu kambing dan domba.

Baca Juga: 10 Ular dengan Warna Paling Cantik dari Seluruh Belahan Dunia, Salah Satunya Ular Cincin Emas

6. Elang Filipina


Elang Filipina (foto: liputan6)

Sesuai namanya, elang ini merupakan endemik empat pulau utama Filipina, yakni Mindanao, Luzon, Samar dan Leyte. Mereka dikenal sebagai elang terberat dan peling besar. Populasi liarnya begitu kecil, sehingga elang Filipina menjadi salah-satu burung paling langka nan eksotis.

Bulu elang ini begitu panjang, dilengkapi juga dengan surai yang mengesankan. Mereka memiliki reputasi sebagai elang pemakan monyet. Berat badannya antara 4,5-8 kg dan lebar sayapnya natara 184-220 cm. Mereka betah tinggal di kawasan hutan lebat, sehingga rentang sayapnya terbatas. Elang ini pun tidak memiliki catatan sebagai pemilik lebar sayap yang panjang. Bagaimana pun, mereka memiliki keterbatasan ketika bermanuver di hutan.

7. Burung Elang Harpy


Burung Elang Harpy (foto: commons)

Elang ini merupakan burung nasional kebanggaan Panama. Mereka dikenal kuat dan tangguh. Cakar mereka begitu perkasa, bahkan bisa dibandingkan dengan cakar beruang. Kakinya juga begitu tebal, bisa setebal pergelangan tangan manusia. Mereka merupakan navigator yang baik di kawasan Amerika Selatan dan Tengah. Lebar sayapnya sekitar 2 meter. Tubuhnya berwarna hitam dan kepala serta lehernya berwarna abu-abu. Elang ini biasanya memangsa mamalia arboreal, atau hewan yang menghabiskan waktunya di pohon, seperti monyet dan sloth.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30