Ini Beberapa Mitos Dihinggapi Kupu-Kupu yang Harus Kamu Ketahui
Foto
Dihinggapi Kupu-Kupu (Istimewa)

Ini Beberapa Mitos Dihinggapi Kupu-Kupu yang Harus Kamu Ketahui


Masyarakat Indonesia, banyak sekali beredar mitos yang diwariskan turun menurun. Mitos yang diwariskan pun beragam biasa ditandai dari pertanda. Salah satunya yakni mitos kehadiran kupu-kupu sendiri memang menjadi sebuah daya tarik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Akan tetapi di luar dari bentuk fisiknya yang menawan.

Adanya mitos di suatu wilayah memang sudah menjadi hal yang biasa. Salah satunya mitos dihinggapi kupu-kupu yang banyak beredar di kalangan masyarakat Indonesia maupun dunia. Meskipun hal tersebut belum tentu kebenarannya, namun sebagian besar masyarakat masih banyak yang mempercayai tentang hal tersebut.

Baca Juga : Ini Sejumlah Mitos Paling Terkenal Seputar Ular Masuk ke Rumah

Berikut inilah kepercayaan masyarakat tentang kupu-kupu:


1. ‌Kedatangan Tamu


Masyarakat Indonesia memang kerap mengaitkan kedatangan kupu-kupu yang hinggap ke dalam sebuah rumah atau sebuah gedung perkantoran sebagai pertanda akan datangnya seorang tamu. Uniknya hal tersebut juga tidak hanya dipercayai oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga dipercaya oleh masyarakat Eropa.

Bentuk dan ukuran kupu-kupu yang hinggap pun dipercaya menggambarkan keadaan tamu yang akan nantinya akan bertamu ke tempat tersebut. Asal-usul munculnya mitos tersebut di tengah masyarakat memang cukup menarik dan bisa menjadi pertanyaan yang seru untuk dicari tahu jawabannya. Mengingat latar kebudayaan antara Indonesia dan negara-negara Eropa cukup jauh berbeda.

Baca Juga : Ternyata Orang Lamongan Asli Konon Pantang Makan Lele, Mitos atau Fakta?

2. ‌Pertanda Akan Mendapat Keberuntungan


Selain dipercaya sebagai pertanda akan adanya tamu. Kupu-kupu yang hinggap pada manusia juga dipercaya oleh masyarakat akan mendatangkan keberuntungan yang tidak terduga. Kepercayaan tersebut memang telah berkembang cukup lama. Seperti halnya kepercayaan masyarakat Jepang. Dimana mereka mempercayai kupu-kupu akan membawa keberuntungan.

Sehingga jangan heran bila kamu melihat banyak masyarakat Jepang yang sengaja memelihara hewan cantik tersebut di rumah-rumah. Beberapa diantara mereka bahkan mengawetkan kupu-kupu dan menjadikannya sebagai jimat untuk menarik keberuntungan, baik di dalam rumah atau pun di perkantoran.

Hal tersebut tentu membuat  sudut pandang masyarakat luar yang melihat negara Jepang sebagai sebuah negara dengan segala kemajuan teknologinya mungkin akan sedikit bergeser.

Baca Juga : Mengubur Ari-Ari Sering Dikaitkan dengan Unsur Gaib, Mitos atau Fakta?

3. Pertanda Akan Datangnya Musibah


Selain memberi pertanda hal yang baik. Dihinggapi kupu-kupu juga bisa jadi sebuah pertanda yang buruk. Masyarakat Eropa memiliki kepercayaan bahwa bila kupu-kupu yang hinggap memiliki warna gelap atau kurang menarik. Itu pertanda akan datangnya sebuah kesialan atau musibah yang akan menimbulkan permasalahan baik di rumah atau pun pekerjaan.

Selain itu kedatangan kupu-kupu berwarna gelap juga bisa menjadi pertanda sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Meskipun kehadiran kupu-kupu bisa menjadi ajang penelitian untuk mengetahui potensi bencana, namun bila hal tersebut menjadi ide awal kepercayaan akan pertanda yang satu ini. Hal tersebut memang cukup aneh karena tak ada korelasi yang jelas mengenai hal tersebut.



Tag :

Kupu-KupuDihinggapi Kupu-KupuMitosFakta

Artikel Terkait :

  • Pemerintah Akan Mengatur yang Bertugas Memberikan Vaksin Corona

  • Biografi dan Profil Lengkap Muannas Alaidid, Pengacara yang Melaporkan Ustaz Maaher

  • Penyebab Ustaz Maaher Ditangkap oleh Bareskrim Polri, Diduga Hina Habib Luthfi

  • Alasan MER-C Tak Laporkan Hasil Swab Rizieq Shihab ke Dinkes


  • Share to: