Theopilus Ginting: Kita Dorong Wisata Budaya untuk Lestarikan Kearifan Lokal Karo

Theopilus Ginting: Kita Dorong Wisata Budaya untuk Lestarikan Kearifan Lokal Karo

Alpandi Pinem
2020-10-16 18:55:54
Theopilus Ginting: Kita Dorong Wisata Budaya untuk Lestarikan Kearifan Lokal Karo
heopilus Ginting mengunjungi rumah Siwaluh Jabu di desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo


Siwaluh Jabu bukan hanya sekedar tempat tinggal dan tempat berlindung dari panas serta hujan. Siwaluh Jabu merupakan wujud kebanggaan masyarakat Karo dan simbol dari gotong royong juga kebersamaan.

Dari Siwaluh Jabu ini kita juga bisa melihat betapa eratnya persaudaraan dan hubungan kekerabatan antar masyarakat Karo. Mari kita gotong royong, bersama-sama, membangun Taneh Karo dengan terus menjaga persaudaraan dan kekerabatan.

Baca Juga : Theopilus Ginting Berharap Alpha Omega dapat jadi Mitra Pemkab Karo Tangani Disabilitas

Sebagai masyarakat Karo kita juga patut berbangga karena masih memegang teguh kearifan lokal dan budaya yang diwariskan oleh generasi terdahulu hingga saat ini. Sebagai tugas kita bersama, warisan ini tentunya wajib kita lestarikan untuk anak cucu kita kelak.

Dalam hal ini Calon Wakil Bupati Karo nomor urut 5, Theopilus Ginting mengunjungi rumah Siwaluh Jabu di desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga : Theopilus Ginting: Pahlawan Nasional Djamin Ginting Sosok Inspiratif bagi Generasi Muda

Theopilus Ginting mengatakan bahwa mewujudkan lestarinya kearifan lokal dan budaya Karo, kita tentu bisa menggerakkan kembali wisata budaya sebagaimana dulu pernah diterapkan beberapa dekade lalu di Kabupaten Karo.

“Potensi ini masih memungkinkan dikembangkan di Karo, mengingat kekayaan kearifan lokal itu masih kita miliki sebagaimana Rumah Siwaluh Jabu di Desa Dokan yang saya kunjungi beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Baca Juga : Theopilus Ginting: Budidaya Ikan Air Tawar di Kabupaten Karo Potensial untuk Dikembangkan

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa disisi lain, objek wisata kebudayaan juga kian diminati para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Artinya, dengan menggerakkan kembali sektor wisata budaya di Kabupaten Karo, maka kita akan melampaui beberapa target sekaligus, melestarikan budaya dan sekaligus akan meningkatkan pendapatan daerah bagi Kabupaten Karo,” katanya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30