Inilah Perbedaan Jin dan Setan yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Perbedaan Jin dan Setan yang Perlu Kamu Ketahui

Alpandi Pinem
2020-09-22 20:48:58
Inilah Perbedaan Jin dan Setan yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Jin (Istimewa)


Setan adalah salah satu makhluk yang sifatnya ghaib, tidak terlihat. Dan umumnya kita sering mendengar istilah setan, jin dan iblis. Kedua makhluk gaib tersebut dipercaya memiliki wujud yang menyeramkan dan biasa mengganggu umat manusia. Tak jarang, beberapa orang diberikan kelebihan oleh Tuhan sehingga mampu bisa melihat keberadaan mereka.

Meskipun kedua istilah makhluk gaib tersebut seolah-olah sama, namun sebenarnya ada perbedaan dari kedua makhluk tersebut. Langsung saja kita simak penjelasannya.

Baca Juga : Merinding! Ini Ciri-ciri Kamu Diinginkan Jin untuk Jadi Pasangannya

Jin berasal dari kata “janna-yajunnu” yang artinya menutupi, menyembunyikan, menjadi gelap, atau merahasiakan. Sedangkan jin berarti yang tersembunyi dan tidak dapat dilihat. Jin diciptakan dari api, sedangkan manusia diciptakan dari tanah dan segumpal darah. Manusia dan jin tidak hidup di alam yang sama. Sebab itulah manusia tidak dapat melihat keberadaan jin, namun jin dapat melihat keberadaan manusia.

Jin juga merupakan makhluk Tuhan yang hidup layaknya manusia. Mereka hidup secara berkelompok, bahkan juga berkeluarga. Jin juga memiliki aktivitas yang sama seperti aktivitas manusia.

Baca Juga : Ini Cara Mencegah Ketempelan Jin Versi YouTuber Cantik Sara Wijiyanto

Setan, istilah ini berasal dari kata “syathona” yang artinya jauh. Kata setan merupakan sebuah julukan yang diberikan kepada makhluk Tuhan yang menyesatkan, baik dari jin maupun manusia. Istilah ini dimaknai berasal dari arti nama setan yaitu “syathona” yang artinya jauh, yaitu jauh dari kebenaran.

Selayaknya umat manusia, jin juga memiliki sifat taat dan ada pula yang ingkar. Mereka yang mengingkari perintah Tuhan, maka itulah yang disebut dengan setan, bahkan manusia yang mengingkari Tuhan juga bisa dikatakan sebagai setan. Jadi, setan merupakan julukan sifat bagi siapa pun yang menyesatkan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30