Beragam Kejadian Mistis di Benteng Speelwijk Banten, Konon Pengunjung dapat Bersentuhan dengan Alam dari Dimensi Berbeda

Beragam Kejadian Mistis di Benteng Speelwijk Banten, Konon Pengunjung dapat Bersentuhan dengan Alam dari Dimensi Berbeda

Ekel Suranta Sembiring
2020-09-15 18:52:59
Beragam Kejadian Mistis di Benteng Speelwijk Banten, Konon Pengunjung dapat Bersentuhan dengan Alam dari Dimensi Berbeda
Benteng Speelwijk (foto: hananan)

Benteng Speelwijk terletak di kampung Pamarican sekitar 600 meter ke arah Barat Laut Keraton Surosowan, Situs Banten Lama. Benteng ini berdenah persegi panjang tidak simetris dan setiap sudutnya terdapat bastion.

Benteng yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang Nusantara, bahkan telah ada jauh sebelum Indonesia Merdeka tersebut, menyisakan sejumlah misteris hingga beragam kejadian di luar nalar.

Baca Juga: Cerita Mistis Penjara Tua Kema di Minahasa Utara, Konon Dihuni Ular Besar dan Kakek Tua

Salah satunya bahkan dirasakan langsung oleh pesinetron Zee Zee Shahab. Dikenal sebagai salah satu selebritis dan juga anak indigo yang mampu melihat dunia tak kasat mata, Zee Zee pernah mengalami kejadian magis saat jalani syuting di awal tahun 2000-an di tempat tersebut.

Selama lima hari syuting disana, Zee Zee mengaku kerap bersentuhan dengan hal-hal di luar nalar.

"Pasti adalah yang terlihat disitu, mau yang menyenangkan atau enggak, ya pasti keliatan. Yang namanya tempat yang udah tidak kepake, tempat yang mungkin pernah punya masa lalu buruk disitu, tiba-tiba kita datang disitu, mungkin mereka terusik, mereka tidak nyaman dengan kehadiran kita. Aku ingat ada beberapa kejadian ada figuran atau ekstras yang ada di lokasi itu kesurupan," ungkap Zee Zee Shahab.

Baca Juga: Cerita Mistis Perlintasan Kereta Bulakkapal, Sering Terjadi Kecelakaan Hinggi Sering Tercium Bau Bangkai

Meski menyisakan sejumlah misteri, Benteng Speelwijk memiliki sejarah panjang. Benteng yang diabadikan dari nama Gubernus Hindia Belanda yang ke-14 tersebut telah dibangun pada masa kesultanan Banten di tahun 1677.

Tak lama berselang tepatnya di tahun 1682, terjadi peperangan hingga akhirnya benteng ini direbut tentara Belanda.

Menjadi milik Belanda dan dijadikan benteng pertahanan, Benteng Speelwijk memiliki sejumlah tempat yang konon kental dengan aura magis.

Baca Juga: Kisah Misteri Villa Pondok Indah yang Terbengkalai di Tabanan Bali

Salah satunya adalah lorong banker, dimana tempat ini disebut banyak orang meninggal akibat disiksa oleh tentara Belanda.

Beragam kejadian aneh juga kerap dialami pengunjung yang kemudian dituturkan kepada penjaga benteng.

Tak hanya dari bekas bangunan benteng, area kuburan Belanda baik yang masih terlihat atau yang sudah tertutup di rumput tersebut, juga dianggap sangat menyeramkan oleh sebagian warga dan pengunjung.

Pasalnya di tempat ini mereka kerap bersentuhan dengan alam dari dimensi berbeda.

Sumber: Silet


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30