Penyebab Ngorok saat Tidur, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Ngorok saat Tidur, Begini Cara Mengatasinya

Dedi Sutiadi
2020-09-05 01:21:44
Penyebab Ngorok saat Tidur, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi tidur mendengkur (freepick)

Ngorok atau mendengkur terjadi sebab terhalangnya saluran pernapasan. Hal tersebut membuat getaran dan suara dengkuran saat udara yang masuk dan keluar lewat hidung dan rongga tenggoran.  

Ngorok saat tidur lumrah terjadi disebabkan oleh  otot di langit-langit mulut, lidah, dan tenggorokan yang melemah hingga menghalangi saluran pernafasan. Semakin sempit saluran pernafasan yang tertutup maka akan semakin kencang suara dengkuran yang keluar. 

Namun ada juga, dengkuran terjadi sebab masalah lain atau terkait penyakit yang diidap. Adapun beberapa penyakit yang menjadi penyebab ngorok diantaranya: 

Baca juga: Tips Mengatasi Insomnia, Olahraga hingga Suasana Kamar yang Nyaman

-Apnea tidur atau sleep apnea

-Saluran pernapasan tersumbat karena alergi atau pembesaran amandel

-Pembengkakan dan peradangan di rongga sinus (sinusitis)

-Kelebihan berat badan atau obesitas

-Kelainan bentuk wajah dan hidung, misalnya deviasi septum

-Penyakit gondok

Pastinya kondisi tidur dengan mendengkur atai ngorok akan sangat menggangu. Adapun cara untuk mengatasi tidur mendengkur atau ngorok berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Mengubah posisi tidur

Cara singkat atasi tidur ngorok bisa dengan merubah posisi tidur. Jika saat mendengkur posisi tidur menghadap ke kanan, maka rubah ke posisi lainya. 

Selain itu disarankan untuk tidur terlentang, sebab posisi tersebut membuat pangkal lidah menjadi lebih condong ke belakang tenggorokan, sehingga menghalangi aliran udara di tenggorokan dan menimbulkan suara dengkuran. 

2. Istirahat yang cukup

Kelelahan karena kurang istirahat bisa membuat orang lebih sering mengalami ngorok. Sebab langkah prevetif atau mencegah agar tidak ngorok saat tidur adalah cukup beristirahat. Adapaun waktu ideal beristirahat dalam sehari adalah 7-8 jam.

Baca juga: Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Bisa Bikin Cantik Alami tanpa ke Salon

3. Jaga ukuran berat badan

Obesitas atau berat badan berlebih juga bisa menjadi penyebab tidur mendengkur. Kegemukan atau penyakit obesitas akan membuat penebalan jaringan tenggorokan dan penyempitan saluran tenggorokan. Hal tersebut bisa menjadi penyebab dengkuran saat tidur.

4. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat adalah cara untuk mencegah tidur ngorok bagi mereka yang memiliki penyakit sinusitis. Air hangat yang dabushkan akan membuka saluran yang tersumbat akibat pilek.

5. Memakai nasal strip

Nasal strip menjadi pilihan terkahir jika beberapa tips diatas dirasa masih belum sukses tangkal ngorok saat tidur. Nasal strip merupakan alat yang ditempel di pangkal hidung. Alat tersebut akan membuat saluran pernapas menjadi lebih terbuka. 


Sumber? alodokter


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30