Begini Tips Simpan Uang Baru Rp 75 Ribu di Rumah Agar Rapi dan Awet

Begini Tips Simpan Uang Baru Rp 75 Ribu di Rumah Agar Rapi dan Awet

Ahmad
2020-08-20 14:20:14
Begini Tips Simpan Uang Baru Rp 75 Ribu di Rumah Agar Rapi dan Awet
Foto: Instagram/bank_indonesia

Uang pecahan Rp 75 ribu mendadak menjadi salah satu 'barang mewah' yang dimiliki masyarakat Indonesia. Pasalnya, uang tersebut merupakan uang yang sangat spesial karena diluncurkan pada HUT RI ke-75 pada Senin 17 Agustus 2020 lalu.

Ternyata ada cara khusus menyimpan uang baru Rp 75 ribu agar rapi dan awet.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Numismatik Indonesia Ali Budiono mengatakan ada beberapa cara khusus untuk menyimpan uang baru pecahan Rp 75.000 edisi kemerdekaan Indonesia yang terbit 17 Agustus 2020 ini.

Baca Juga: Selamat Tahun Baru Islam 1442 H, Berikut Kumpulan Peristiwa Penting di Bulan Muharram

1. Jangan Taruh di Dalam Dompet

Supaya uang pecahan 75 ribu edisi khusus kemerdekaan Indonesia yang ke 75 tahun ini tidak mudah rusak jangan simpan uang di dalam dompet. Dompet yang sempit berpotensi memunculkan lipatan dan sobek pada kertas.

2. Jangan Letakkan di Dalam Saku

Hal ini kerap disepelekan. Jangankan uang edisi khusus 75 tahun kemerdekaan Indonesia, uang pecahan 50 ribu saja bisa disimpan di dalam saku. Apa akibatnya? Terjadilah lipatan, lecek, dan terlihat kusam.

3. Tetap Biarkan di Dalam Plastik Pemberian BI

Bank Indonesia (BI) menyerahkan uang kertas lembar pecahan 75 ribu di dalam sebuah plastik. Hal itu bisa dimanfaatkan. Simpan uang dengan plastiknya sekaligus di tempat penyimpanan seperti laci lemari.

Setelah itu, masukkan ke dalam dompet yang panjangnya sesuai ukuran uang. Bisa juga dengan diselipkan di dalam map atau buku lebih dulu, nanti ketika di rumah pindahkan di tempat yang aman di dalam brankas kalau perlu karena uang pecahan 75 ribu ini punya nilai investasi.

Baca Juga: Nggak Usah Beli, Naik Sepeda Brompton Bisa Disewa Rp 19.000/Hari, Begini Caranya

4. Jangan Dilipat

Sebagaimana disampaikan oleh Bank Indonesia, uang pecahan 75 ribu punya nilai investasi di masa mendatang sebab uang ini dicetak dengan tujuan sebagai sarana pengembangan numismatika (koleksi uang) di Indonesia. Artinya kelak nilai uang ini bisa naik. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar menjaga keaslian kualitasnya. Hal itu bisa dimulai dari jangan melipat uang meskipun kondisinya masih berada di dalam plastik pemberian BI.

5. Jauhkan Dari Tempat yang Lembab

Warna uang bisa memudar kalau disimpan di ruang yang lembab. Karena itu, pilihlah tempat yang kering serta jauh dari rayap untuk menyimpan uang kertas ini. Sayang kalau rusak, sebab uang pecahan 75 ribu ini merupakan edisi khusus.

Uang 75 ribu ini dicetak dalam jumlah terbatas, tidak semua orang bisa memilikinya. Jadi, bagi Anda yang memilikinya, silahkan dirawat, jauhkan dari jamur, usahakan agar tidak muncul bercak-bercak yang bisa merusak nilai jualnya kelak.





Sumber: Suara, CNN, Kumparan


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24