Wajib Diingat, Ini 3 Kondisi Baru yang Dicurigai Jadi Gejala dan Efek Samping Corona
Foto
Foto: Shutterstock

Wajib Diingat, Ini 3 Kondisi Baru yang Dicurigai Jadi Gejala dan Efek Samping Corona

Gejala virus Corona COVID-19 yang dirasakan para pasien semakin hari semakin beragam. Bahkan, pasca sembuh Corona ada beberapa pasien yang masih merasakan gejala dan dicurigai merupakan efek samping dari virus Corona.

Mulai dari rambut rontok yang dialami pasien sembuh Corona, hingga gejala gangguan pendengaran pada pasien.

Baca Juga: Pengguna Vape dan Perokok Lebih Rentan Tertular Covid-19, Benarkah?

Berikut rangkuman soal gejala dan efek samping corona dari berbagai sumber:

1. Gangguan pendengaran

Para ahli di The University of Manchester meneliti 121 orang dewasa yang dirawat di Rumah Sakit Wythenshawe. Para peneliti menanyakan soal gejala yang masih dialami usai dua bulan pulang dari rumah sakit.

"Kita sudah tahu bahwa virus seperti campak, gondong dan meningitis dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan virus Corona dapat merusak saraf yang membawa informasi ke dan dari otak," kata Kevin Munro, seorang profesor audiologi di Universitas Manchester.

"Mungkin saja, secara teori, COVID-19 dapat menyebabkan masalah dengan bagian sistem pendengaran termasuk telinga tengah atau koklea. Misalnya, neuropati pendengaran, gangguan pendengaran di mana koklea berfungsi tetapi transmisi di sepanjang saraf pendengaran ke otak bisa menjadi fitur," lanjut Munro, dikutip dari New York Post.

2. Cegukan

Seorang pria berusia 62 tahun dicurigai mengalami gejala baru virus Corona COVID-19. Pasalnya, pria tersebut dilaporkan positif Corona usai mengeluh cegukan selama empat hari berturut-turut.

Kasus ini diungkap dalam studi baru yang dimuat di American Journal of Emergency Medicine. Dikutip dari Forbes, dalam laporan kasus tersebut, Garrett Prince, MD, dan Michelle Sergel, MD, para peneliti dari Cook County Health melaporkan pria ini juga mengalami penurunan berat badan hingga belasan kilogram.

Setelah ditelusuri, pria tersebut memiliki riwayat penyakit paru-paru ini mencari bantuan medis usai cegukan terus-menerus selama empat hari. Setelah diperikasa beberapa kali, para petugas medis setempat menyatakan dirinya terinfeksi COVID-19.

3. Rambut rontok

Beberapa pasien pasca sembuh mengalami keluhan rambut rontok. Terbaru, seorang aktris Alyssa Milano di AS mengatakan dia sekarang mengalami kerontokan rambut akibat virus Corona. Dalam sebuah video yang diposting di Twitter pada hari Minggu, Milano menyisir rambutnya untuk menunjukkan rambut yang rontok, dalam sebuah gumpalan.

"Kupikir aku akan menunjukkan apa yang dilakukan COVID-19 pada rambutmu. Tolong tanggapi ini dengan serius," tulis Milano dalam caption.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS tidak mencantumkan kerontokan rambut sebagai gejala COVID-19, tetapi beberapa dokter telah memperhatikan kondisi ini di antara pasien mereka.

Sekedar innformasi, kasus pasien yang positif Corona kembali bertambah di wilayah Indonesia. Hingga Rabu 12 Agusutus 2020, pasien yang positif bertambah 1.942 orang. Sehingga totalnya menjadi 130.718.

Data penambahan kasus positif virus Corona di Indonesia ini diumumkan di situs Kementerian kesehatan pada Rabu, 12 Agustus 2020. Data perkembangan virus Corona ini disampaikan secara berkala setiap hari.

Baca Juga: Fakta Emas Antam Hari Ini Kembali Naik Rp 2.000 per Gram

Kabar baiknya, pasien yang dinyatakan sembuh hari ini bertambah 2.088 menjadi 85.798 orang. Sedangkan, untuk pasien yang meninggal dunia bertambah 79. Total pasien yang meninggal menjadi 5.903 orang. 

Sementara, anggota tim pakar Satgas COVID-19,  Dewi Nur Aisyah mengatakan, dari seluruh kabupaten atau kota yang ada di Indonesia ada 1,75 persen atau setara dengan 9 kabupaten/kota yang jumlah kasus aktifnya lebih dari 1.000 orang. Menurutnya, 9 kabupaten/kota inilah yang harus mendapatkan perhatian ekstra, karena menyumbangkan kasus aktif yang lebih dari 1.000.





Sumber: Kompas, Detik, Suara



Tag :

3 Kondisi Baru yang Dicurigai Jadi Gejala dan Efek Samping CoronaGejala baru coronaefek samping coronavirus corona

Artikel Terkait :

  • Tren Tea Blend Mendunia Dikalangan Milenial

  • BTS Rilis Foto Konsep Pertama Untuk Album Baru BE

  • Ada Tambahan 4.267 Kasus Baru, 373.109 Positif, 297.509 Sembuh

  • Salshadilla Juwita Jodohkan Lutfi Agizal dengan Denise Chariesta


  • Share to: