Tak Mudah Berlatih di Masa Pandemi, Ini Cerita Anggota Paskibraka HUT 2020

Tak Mudah Berlatih di Masa Pandemi, Ini Cerita Anggota Paskibraka HUT 2020

Dedi Sutiadi
2020-08-09 14:21:58
Tak Mudah Berlatih di Masa Pandemi, Ini Cerita Anggota Paskibraka HUT 2020
Paskibraka melakukan pemusatan latihan untuk persiapan upacara di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020, di Cibubur. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menuju Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75, Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020 terus berlatih sejak 6 Agustus kemarin. Paskibra ini akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Kepresidenan pada 17 Agustus mendatang.

Salah satu anggota Paskibraka asal SMAN 1 Bireuen, Aceh, Indrian Puspita Rahmadhani, mengatakan tidak mudah menjalankan latihan di masa pandemi covid-19 atau virus corona. Jumlah anggota Paskibraka pada tahun ini juga dibatasi menjadi 8 orang dari yang tahun sebelumnya berjumlah 68 orang.

"Kalau latihan yang pasti jauh berbeda dari tahun lalu. Dulu bangun pukul 05.00 WIB terus peregangan (pemanasan) sama-sama. Kali ini peregangan sendiri-sendiri, terus jaga jarak dua meter," ucap Indri yang telah memulai pemusatan latihan di Cibubur pada Minggu, 9 Agustus 2020.

Indri mengatakan, dirinya tetap semangat menjalankan latihan. Ia juga menjadi salah satu yang diamanahi untuk menjadi anggota pengibar bendera tahun ini untuk kedua kalinya.

"Pastinya senang karena terpilih dua kali. Enggak menyangka, kok bisa Paskibraka nasional dua kali terpilihnya. Pasti harus waspada juga karena keadaannya lagi begini," tuturnya.

Sylvia Kartika Putri yang merupakan perwakilan asal SMA Swasta Kartika I-4, Pematang Siantar, Sumatera Utara, juga menceritakan, latihan dibawah terik matahari itu tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Miris! Kisah Keluarga Tinggal di Kandang Ayam Selama Lebih Dari 2 Tahun

Baca juga: Kisah Misterius Soekarno Idul Adha di Istana Merdeka, Ada Suara Tembakan Pistol

"Latihan dimulai dari pukul 07.00 WIB pagi. Harus tetap gunakan masker, face shield, sarung tangan, dan tetap jaga jarak," ucapnya.

Sylvia berharap, walaupun kondisinya masih dalam masa pandemi, pelaksanaan upacara hari kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020 mendatang sukses.

"Harapan saya bisa menyukseskan pengibaran dan penurunan bendera dan bisa juga menjadi contoh yang baik buat adik-adik yang ingin mencoba tahun depan," ujarnya.


Sumber: Medcom/Kumparan


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30