Seram! Ini Beberapa Mitos Misteri Malam Satu Suro

Seram! Ini Beberapa Mitos Misteri Malam Satu Suro

Alpandi Pinem
2020-08-09 08:34:37
Seram! Ini Beberapa Mitos Misteri Malam Satu Suro
Ilustrasi Malam 1 Suro (Istimewa)


Tahun baru Islam atau biasa disebut 1 Muharam adalah tanggal yang penting bagi umat muslim untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Pada masyarakat Jawa, awal bulan Muharam disebut juga sebagai malam 1 Suro.

Bahkan jika mendengar mengenai Malam satu suro, bisa dibuat merinding sendiri. Ya malam yang satu ini, memang dispesialkan oleh sebagian orang karena banyaknya mitos yang menyelimutinya. Oleh sebab itu kadang saat malam ini tiba, tidak ada orang yang mau berbuat macam –macam ataupun aneh-aneh karena takut kena sial.

Berikut ini beberapa mitos misteri malam satu suro.


1. Mengadakan pesta pernikahan


Budaya Jawa sangat memantang jika orang tua menikahkan anaknya pada bulan Suro. Kepercayaan mereka mengatakan jika tetap dilakukan, keluarga akan mendapat kesialan.

Beberapa mengatakan ini hanyalah mitos belaka. Alasanya, jika masyarakat mengadakan pesta pada malam Suro, ini dianggap akan menyaingi ritual keraton yang akan dirasa sepi. Selain pesta pernikahan, pesta-pesta lainnya seperti sunatan dan lainnya juga dilarang. Sampai sekarang, mitos ini masih dipercaya oleh masyarakat Jawa.

Baca Juga : Ini Beberapa Mitos Aneh yang Ada di Indonesia

Baca Juga : Mengerikan! Ini 5 Fakta yang Sangat Mengerikan Terjadi dari Sumpah Pocong

Baca Juga : Pasti Bikin Merinding Kalo Dibaca! Ternyata Ini 3 Ritual yang Dilakukan Perias Mayat Sebelim Bekerja


2. Tak boleh keluar rumah


Saat malam 1 suro, masyarakat Jawa percaya lebih baik berdiam diri di rumah. Karena jika pergi keluar, kesialan dan hal buruk bisa saja menimpa.

3. Melakukan pindah rumah


Menurut Primbon orang Jawa, ada yang disebut hari baik dan ada pula hari buruk. Sebagian orang percaya untuk tidak melakukan pindahan rumah saat malam satu suro karena dianggap bukan hari baik. Sedangkan menurut agama Islam, semua hari adalah baik.

Baca Juga : Kisah Mitos Dibalik Wanita Bali yang Nama Aslinya Tidak Boleh Diucapkan, Benarkah?

Baca Juga : Tau Gak Sih? Ternyata Ini Alasan Mengapa Jumat Kliwon Dianggap Keramat

Baca Juga : Jangan Coba-coba, Ternyata Ini Mantra Jelangkung yang Asli


4. Tak boleh berbicara


Beberapa orang memilih untuk melakukan ritual masing-masing saat 1 Suro. Beberapa orang di antaranya adalah tapa bisu. Saat mengikuti ritual tapa bisu, yakni mengelilingi benteng Keraton Yogyakarta sangat dipantang untuk berbicara satu kata pun. Makan, minum serta merokok juga sangat dilarang untuk dilakukan saat ritual tersebut.

Di Indonesia, memang ada berbagai banyak cara yang dilakukan untuk memperingati 1 Muharam atau 1 Suro, misalnya seperti berdoa dan menyantuni anak yatim. Ada pula yang melakukan pawai obor di beberapa daerah dan di masyarakat Jawa merayakan ritual malam 1 Suro.

Ini menandakan beragam budaya dan adat tradisi yang dimiliki Indonesia masih digenggam erat oleh masyarakat. Hanya saja, hal yang tak boleh dilewatkan pada Tahun Baru Islam atau 1 Muharram adalah mendekatkan diri kepada Tuhan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30