Hebat, UEA Jadi Negara Arab Pertama Rilis Pembangkit Listrik Nuklir, Ini Rahasianya

Hebat, UEA Jadi Negara Arab Pertama Rilis Pembangkit Listrik Nuklir, Ini Rahasianya

Ahmad
2020-08-02 11:11:35
Hebat, UEA Jadi Negara Arab Pertama Rilis Pembangkit Listrik Nuklir, Ini Rahasianya
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Uni Emirat Arab (UEA) resmi meluncurkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pertamanya pada Sabtu 1 Agustus 2020. Pembangkit listrik tersebut membuat UEA sebagai negara Arab pertama yang memiliki sumber energi nuklir.

Dilansir dari CNN, Minggu 2 Agustus 2020, PLTN itu dikenal sebagai Unit 1 Barakah yang terletak di wilayah Al Dhafrah, Abu Dhabi. Proyek tersebut diongkosi oleh cukong-cukong minyak di Arab.

Menurut Emirates Nuclear Energy Corporation, Unit 1 merupakan yang pertama dari total empat PLTN yang rencana dibangun UEA.

Baca Juga: Waduh, Arab Saudi Tahan Ribuan Jemaah Haji Ilegal, Kenapa Ya?

Perusahaan tersebut memaparkan pembangunan PLTN Unit 2 telah selesai baru-baru ini, sementara dua PLTN lainnya masih dalam proses rekonstruksi.

Keempat PLTN tersebut dapat memproduksi hingga 5,6 gigawatt listrik dan memasok 25 persen listrik bagi UEA ketika selesai dan beroperasi secara penuh.

Pembangunan PLTN ini merupakan salah satu upaya UEA melepaskan ketergantungannya akan minyak dan gas sebagai sumber energi nasional.

UEA merupakan salah satu pemasok minyak mentah dan gas terbesar di dunia. Perekonomian negara Emirat tersebut terus berkembang secara pesat selama beberapa dekade terakhir akibat penjualan minyak dan gasnya.

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan Eks Pengacara Jessica 'Kopi Sianida' Mau Bela Djoko Tjandra, Otto: Tidak Boleh Ditolak

Produksi minyak dan gas UEA menyumbang hampir satu pertiga GDP nasional. Pada 2019 lalu, UEA memasok minyak mentah senilai US$50 miliar ke berbagai negara.

Meski Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mendukung PLTN tersebut, sejumlah ahli energi mempertanyakan urgensi UEA membangun reaktor energi nuklir di saat situasi tak menentu di Timur Tengah.



Sumber: CNN


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30