Correcto - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Ilustrasi penyembelihan hewan qurban. (Instagram @deri_sukmagar)

Sosok Jagal Muslim Professional

Hari Raya Idul Adha identik dengan qurban atau pemotongan kambing, sapi, dan kerbau sebagai hewan qurban. Dalam ajaran Islam memotong atau menyembelih hewan ada tata cara khusus dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Sebab itu pemotongan hewan qurban biasanya dilakukan oleh tukang jagal profesional hewan qurban.

Menjadi seorang tukang jagal nyata bukanlah pekerjaan sembarangan. Sosok satu ini memberikan informasi terkait kisahnya dalam menjalani profesi sebagai tukang jagal profesional. 

Baca juga: Cerita Seram Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Sleman, Diajak Ngobrol Makhluk Gaib

Profesi tukang jagal prefesional hewan qurban. Umumnya pekerjaan ini dilakukan oleh seorang pria  yang keseharainnya bekerja di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) atau penjual daging di pasar, salah satunya Abu Zaid.

Abu Zaid, merupakan tukang jagal hewan kurban profesional. Kesehariannya dalah sebagai pedagang daging sapi di Pasar Kalibaru, Jakarta Utara. Untuk meastikan hewan yang dipotongnya halal, artinya disembelih sesuai tata cara syariat Islam maka dirinya sedniri lah yang memotong hewan yang dagingnya dia jula di pasar. 

Saat lebawah Idul Adha tiba Zaid mengaku selalu kebanjirn orderan untuk menembelih hewan qurban. Zaid mengaku pada Hari raya Idul Adha ini, dirinya telah mendapat beberapa order untuk memotong hewan kurban, baik sapi maupun kambing. 

"Hari Jumat ada sekitar 15 sapi dan kambing, kalau nggak salah 19," ungkapnya. 

Zaid juga mengungkapkan terkait tarif yang biasanya diterima untuk menyembelih hewan qurban. Dirinya menyebut tarifnya berbeda antara hewan sapi atau kerbau maupun kambing. 

Baca juga: Geger Fetish Kain Jarik, dr Boyke: Bisa Muncul Sebab Trauma Masa Kecil

"Kalau sapi atau kerbau rata-rata Rp500 ribu per ekor, kambing Rp250-300 ribu per ekor," jelasnya. 

Zaid mengaku telah menjalani profesi sebagai tukang jagal profesional cukup lama. Menurut zaid pekerjaan yang dijalani ini patut disyukuri dan berharap selalu mendapat keberkhan dari setiap rezki yang diterimanya. 

"Alhamdulillah, yang penting berkah," tuturnya.


Sumber: IndoZone



Tag :

Idul AdhaQurbanTukang jagalSosok Tukang Jagal

Artikel Terkait :

  • Sosok Amanda Manopo yang Putuskan Vakum dari Dunia Hiburan, Sakit?

  • Sosok Jessica Mila Mengidap Penyakit Skoliosis, Harus Dioperasi?

  • Sosok Sutan Zico yang Dicoret Shin Tae-yong dari Timnas U-19

  • Sosok Azalia Bianda Avissa, Mantan Rizky Febian Ternyata Punya Kembaran Loh!


  • Share to: