Ini Fakta dan Profil Sosok Alexander Kaliaga Ginting yang Diangkat Erick Thohir Jadi Komut Kimia Farma
Foto
Alexander Kaliaga Ginting (Istimewa)

Ini Fakta dan Profil Sosok Alexander Kaliaga Ginting yang Diangkat Erick Thohir Jadi Komut Kimia Farma


Salah satu putra terbaik asal Tanah Karo diangkat menjabat sebagai Komisaris Utama (Komut) di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dia adalah Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting S., Sp.P(K), FCCP yang diangkat Menteri BUMN, Erickt Thohir sebagai Komut PT Kimia Farma Tbk.

Pengangkatan Alexander Kaliaga Ginting berlangsung melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019 yang digelar pada Rabu (29/7/2020). Sesuai dengan hasil RUPST tersebut, sosok Putera Karo ini akan menggantikan Untung Suseno Sutarjo.

Sosok Alexander Kaliaga Ginting tidak asing sebagai tokoh yang marang melintang di dunia kesehatan Indonesia. Ia pernah berkarir di rumah sakit swasta hingga negeri seperti RSPAD Gatot Soebroto hingga menjadi dokter Kepresidenan. Bahkan dalam karirnya,  Alexander Kaliaga Ginting tak jauh-jauh dari nama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Baca Juga : Erick Thohir Tunjuk Alexander Kaliaga Ginting Menjadi Komut Kimia Farma

Berikut ini fakta dan profil Alexander Kaliaga Ginting, Komut baru Kimia Farma:


1. Dokter Spesialis Paru


Dikutip dari guesehat.com, dr. Alexander K. Ginting merupakan dokter Spesialis Paru. Ia menyelesaikan studi kedokteran di Universitas Indonesia. Ia berpraktik di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Rumah Sakit Hermina Depok, RSPAD Gatot soebroto.

2. Delegasi Indonesia dalm Kongres Militer Dunia di India


Sementara Kementerian Pertahanan pernah memberitakan, Alexander K. Ginting merupakan satu di antara wakil TNI yang berangkat dalam Kongres Kesehatan Dunia di India. Atau International Committee on Military Medicine (ICMM) di Vigyan Bhawan, New Delhi, India.

Kongres Kesehatan Dunia yang berlangsung mulai tanggal 19 - 25 November 2017 diikuti 110 negara, dengan berbagai profesi. Seperti Dokter Umum dan Spesialis, Dokter Gigi, Perawat, Farmasi, Dokter Hewan, Kesehatan Lingkungan, Rumah Sakit, Lembaga Riset, Fakultas Kedokteran Militer, Industri Kesehatan (alat kesehatan, obat, pendukung kesehatan). Saat itu Alexander Ginting menjabat sebagai Kakomed RSPAD.

Baca Juga : Patut Ditiru, Stafsus Erick Thohir Daftar Relawan Uji Klinis Vaksin Corona

3. Orang Terawan


Alexander Ginting juga merupakan jajaran orang-orang pilihan terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan aat ini. Sebelum menjadi Komut Kimia Farma, Alexander Ginting berkonsentrasi sebagai Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan. Pada 2017 lalu, dirinya juga termasuk jajaran Terawan di RSPAD Gatot Soebroto, yakni menjadi Ketua Komite Medik (Kakomed).

4. Dokter Kepresidenan


Alexander K Ginting pernah terlibat dalam Tim Pemeriksa Kesehatan pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Wilayah DKI Jakarta Tahun 2012.

Ia juga ikut ambil andil dalam tim pemeriksaan Kesehatan Para Menteri. Alexander K Ginting juga dikenal sebagai Dokter Kepresidenan pada masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga : Arya Sinulingga Tegaskan Komisaris BUMN Dipilih Berdasarkan Pengalaman

5. Pilihan Erick Thohir


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak susunan komisaris di PT Kimia Farma Tbk. Berdasarkan  pada Rabu (29/7/2020), Untung Suseno Sutarjo dicopot dari jabatannya sebagai komisaris utama. Sebagai gantinya, para pemegang saham menunjuk Alexander Kaliaga Ginting menjadi Komisaris Utama Kimia Farma. Alexander merupakan Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan.

Dia juga merupakan purnawirawan TNI berpangkat Brigadir Jenderal. Selain itu, dalam RUPST tersebut juga mengangkat Musthofa Fauzi sebagai Komisaris Independen menggantikan Wahono Sumaryono. Adapun susunan dewan direksi Kimia Farma pada RUPST kali ini tak mengalami perubahan.

Dengan adanya pergantian Komisaris Utama dan Komisaris Independen tersebut, maka susunan baru Dewan Komisaris Kimia Farma adalah sebagai berikut  :

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Alexander Kaliaga Ginting

Komisaris : Subandi

Komisaris: Chrisma Aryani Albandjar

Komisaris Independen: Nurrachaman

Komisaris Independen: Musthofa Fauzi.



Tag :

Alexander Kaliaga GintingKomut Kima FarmaPT Kimia FarmaBUMNErick Thohir

Artikel Terkait :

  • Tren Tea Blend Mendunia Dikalangan Milenial

  • Salshadilla Juwita Jodohkan Lutfi Agizal dengan Denise Chariesta

  • Biografi dan Profil Lengkap Feby Febiola yang Mengidap Kanker Ovarium

  • Fakta Penemuan Mayat Wanita Terbakar di Mobil


  • Share to: