Daftar Objek Wisata di Dataran Tinggi Dieng

Daftar Objek Wisata di Dataran Tinggi Dieng

Dedi Sutiadi
2020-07-27 19:36:03
Daftar Objek Wisata di Dataran Tinggi Dieng
Candi Arjuna. (Wikipedia)

Jika kamu mencari tempat wisata alam dengan panorama indah, Dataran Tinggi Dieng bisa menjadi pilihan terbaik. Dataran Tinggi Dieng memiliki beberapa objek wisata yang bisa kamu kunungi. dan pastinya dijamin tidak akan mengecewakan. 

Dataran Tinggi yang masuk dalam dua Kabupaten, Wonosobo dan Bajarnegara ini merupakan area vulkanik aktif yang memiliki beberapa puncak serta kepunden kawah yang menjadi area wisata di kawasan ini. Panorama alam yang indah, dan pilihan tempat wisata yang dijamin bikin liburan kamu indah ini telah banyak dikunjungi berbagai wisatawan. 

Baca juga: Potret Keindahan Fenomena Embun Upas Dieng

Di Dataran Tinggi Dieng terdapat banyak objek wisata yang bisa anda kunjungi saat liburan tiba atai sekedar mengisi liburan ahir pekan. Untuk yang penasaran dengan obyek wisata di dataran tinggi Dieng, berikut beberapa obyek wisata yang correcto rangku dan direkomendasikan untuk Anda kunjungi: 

1. Candi Arjuna


Tempat wisata pegunungan Dieng yang pertama adalah Candi Arjuna. Tak lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi lokasi ini, ketika mampir ke Wonosobo.

Terletak di Dieng Kulon, Banjarnegara, Candi Arjuna merupakan sebuah peninggalan kuno dari Kerajaan Mataram, di mana dulu dibangun dengan tujuan untuk menyembah Dewa Siwa. Di dalam komplek Candi Arjuna, setidaknya terdapat lima buah candi, yang dikelilingi rerumputan, dan pemandangan indah.

2. Telaga Warna


Rekomendasi wisata pegunungan Dieng yang selanjutnya adalah Telaga Warna. Terletak di Kejajar, Wonosobo ini bisa memanjakan mata siapapun, karena keindahan pemandangan danau yang mempesona.

Berbeda dengan danau pada umumnya yang hanya memiliki satu warna, yakni hijau, biru, atau kecoklatan, danau Telaga Warna memiliki berbagai warna. Hal tersebut dikarenakan adanya reaksi air danau dengan belerang.

3. Bukit Sikunir


Salah satu wisata pegunungan Dieng yang mirip dengan cerita-cerita di negeri dongeng adalah keindahan Bukit Sikunir. Menawarkan keindahan golden sunrise, Bukit Sikunir selalu menjadi lokasi kegemaran wisatawan, ketika menjelang pagi.

Nah, untuk kamu yang tak mau melewatkan keindahan langit jingga di Bukit Sikunir, maka wajib berangkat ketika subuh. Tidak perlu repot memanjat untuk bisa sampai ke atas bukit, kamu cukup menaiki anak tangga saja, meski cukup melelahkan.

Baca juga: Mitos Curug Cilimber Jadi Tempat Mandi Putri Kerajaan Siliwangi

4.Batu Pandang Ratapan Angin


Rekomendasi wisata pegunungan Dieng yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Batu Pandang Ratapan Angin. Wah dari namanya saja sudah bikin terbayang-bayang ya pemandangan dan suasana.

Dataran tinggi yang berada di ketinggian 2010 mdpl ini, bisa jadi destinasi wisata Dieng selanjutnya untuk dikunjungi. Di puncak bukit ini kamu akan menemukan bebatuan, di mana batu-batu tersebut merupakan tempat berpijak yang mantap untuk menikmati keindahan alam, sembari menikmati hembusan angin. Selain itu, hembusan angin di atas bukit tersebut diketahui mampu menghasilkan suara-suara gemerisik bak siulan.

5.Lubang Sewu


Hampir sama dengan bukit Batu Pandang Ratapan Angin, wisata pegunungan Dieng bernama Lubang Sewu juga penuh akan bebatuan putih, dengan tekstur berlubang. Bahkan, lokasi wisata ini sering disebut sebagai Grand Canyon mini di Wonosobo.

Selain itu, ketika musim hujan tiba, bebatuan ini akan terendam oleh air Bendungan Wadaslintang. Namun, ketika air tengah surut, kamu bisa menikmati pemandangan eksotis dari bebatuan yang sangat instagramable ini.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30