Merinding! Kisah Benteng Vredeburg Sering Terlihat Hantu Tanpa Kepala

Merinding! Kisah Benteng Vredeburg Sering Terlihat Hantu Tanpa Kepala

Alpandi Pinem
2020-07-23 12:50:00
Merinding! Kisah Benteng Vredeburg Sering Terlihat Hantu Tanpa Kepala
Benteng Vredeburg (Istimewa)


Tempat wisata buatan di Indonesia, kebanyakan adalah bangunan atau situs bersejarah. Selain kaya akan sejarah, beberapa tempat wisata terkenal akan sisi lainnya, yakni cerita legenda urban.

Tidak sedikit tempat wisata di Indonesia yang terkenal akan legenda urban yang menyeramkan. Berbalut kisah mistis, sperti halnya banyak benteng pertahanan yang dibuat. Hingga saat ini beberapa benteng peninggalan penjajah masih berdiri kukuh sebagai saksi bisu masa lalu. Tak sedikit beberapa benteng tersebut meninggalkan kesan seram dan angker bagi para masyarakat yang melihatnya.

Salah satunya yakni  Benteng Vredeburg yang menjadi salah satu wisata mistis di Yogyakarta, yang terletak di ujung Jalan Malioboro atau titik nol kilometer dari Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Jenderal A. Yani No. 6, lokasinya cukup dekat dengan Kraton Kasultanan Yogyakarta. Strategis banget dan dekat pusat kota.

Walaupun letaknya di tengah-tengah keramaian kota, sisi mistis dari benteng peninggalan Belanda ini masih kental terasa. Banyak cerita-cerita mistis yang beredar di sekitar benteng yang mulai didirikan pada tahun 1767-1788 tersebut. Karenanya, benteng ini menjadi salah satu wisata mistis di Yogyakarta.

Baca Juga : Kisah Angker Dibalik Benteng Pendem Peninggalan Belanda di Cilacap yang Konon Mempunyai Terowongan Gaib

Baca Juga : Inilah Sejumlah Benteng Peninggalan Belanda yang Terkenal Seram dan Angker

Baca Juga : Kisah Misteri Benteng Van Den Bosch Sering Terdengar Suara Jeritan Minta Tolong dan Sering Terlihat Wanita Paruh Baya


Berbicara keangkeran museum ini, mungkin sudah banyak yang tahu beberapa cerita mistis dari mulut ke mulut. Konon, di benteng tua ini sering ada penampakan hantu yang tidak bisa dicerna dengan akal sehat.

Seperti penampakan seorang noni-noni Belanda yang berkaki kuda. Kejadiannya ini pernah dialami oleh seorang tukang becak saat tengah malam. Ia sedang mengayuh becaknya dengan perlahan, kemudian ia melihat sesosok wanita cantik dengan gaun panjang dari arah gerbang benteng.

Baca Juga : Benteng Madang, Saksi Perjuangan Melawan Belanda di Kalimantan Selatan

Baca Juga : Inilah Sejumlah Tempat di Indonesia yang Pernah Heboh atas Penampakan Hantu Noni Belanda

Baca Juga : Ini 6 Tempat yang Terkenal Paling Berhantu di Asia Tenggara, Ada di Indonesia Lho!


Tukang becak tersebut nawarin untuk naik becaknya, mungkin sang tukang becak kasian mungkin ya, melihat perempuan berdiri sendiri, tengah malam pula. Lalu tukang becak tersebut kaget ketika gaun perempuan tersebut disibakkan dan melihat kalau kaki perempuan tadi mirip kaki kuda.

Tidak hanya sampai di situ, ada cerita yang lebih seram. Kadang-kadang di sekitar Benteng Vredeburg muncul suara aneh seperti derap kaki serdadu yang berseragam kompeni zaman dahulu. Pasukan itu muncul tanpa kepala. Anehnya lagi, yang melihat penampakan dan mendengarkan hal-hal yang tidak masuk akal itu hanya dirinya sendiri.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24