Inilah Sejumlah Tempat di Indonesia yang Pernah Heboh atas Penampakan Hantu Noni Belanda

Inilah Sejumlah Tempat di Indonesia yang Pernah Heboh atas Penampakan Hantu Noni Belanda

Alpandi Pinem
2020-07-14 19:50:37
Inilah Sejumlah Tempat di Indonesia yang Pernah Heboh atas Penampakan Hantu Noni Belanda
Ilustrasi Hantu Noni Belanda (Istimewa)


Kekejaman penjajah di zaman Belanda tak lepas dari kisah seram. Salah satunya yakni kemunculan penampakan hantu noni Belanda di tempat-tempat bersejarah. Keberadaannya bahkan masih menjadi misteri hingga kini.

Penampakan wanita belanda dengan gaun putihnya menjadi salah satu cerita mistis yang paling kesohor di gedung tua peninggalan penjajah itu.

Berikut ini sejumlah tempat di Indonesia penampakan hantu Nonii Belanda yang disansir dari berbagai sumber.

1. Lawang Sewu dan kisah pembunuhan 20 Noni Belanda


Lawang Sewu, gedung tua yang berada di pusat Kota Semarang ini sebelum zaman penjajahan Jepang adalah kantor perkereta-apian yang dikelola pemerintah kolonial Belanda. Cerita misteri, munculnya arwah Noni Belanda ini berawal ketika tentara Jepang masuk menyerbu gedung, dan menjadikannya sebagai salah satu basis peristirahatan tentara Jepang.

Kala itu, terjadi pemerkosaan tentara Jepang terhadap sekitar 20 noni Belanda. Kabarnya semua noni ini terdiri dari 10 noni perawan dan 10 sudah nikah. Setelah puas menyalurkan hasratnya, para tentara Jepang memenggal kepala 20 noni tersebut. Dari situ, mistis sering munculnya noni di sekitar Lawang Sewu berawal.

Kemunculan arwah noni Belanda ini salah satunya dialami oleh masyarakat saat memancing di sungai sekitar Lawang Sewu ini sering melihat penampakan sosok noni Belanda. Dengan rambut panjang terurai dan berbusana long dress warna putih, mondar-mandir di sekitar Lawang Sewu.

Loji era Belanda tersebut lebih dikenal dengan istilah Lawang Sewu atau pintu seribu, karena ribuan pintu dan jendela tersebar di mana-mana. Sebagai gambaran, lantai dua di bagian belakang gedung memiliki sekitar 20 ruangan berjajar yang masing-masing memiliki sebanyak 6 pintu. Jika lawang bisa diartikan sebagai pintu atau pintu menyerupai jendela, maka diyakini Lawang Sewu memiliki 1000 pintu.

Namun uniknya, dari berbagai pengalaman para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mengunjunginya, saat menghitung jumlah pintu selalu tidak akan menemukan jumlah sampai 1000 pintu atau 1000 lawang. Hingga kini, rahasia ini diyakini sebagai mitos jika satu pintunya merupakan pintu mistis, jalan masuk arwah para penunggu gedung Lawang Sewu tersebut.

Baca Juga : Kisah Nyata! Inilah Pengakuan 10 Orang yang Pernah Mengalami Mati Suri

Baca Juga : Merinding! 3 Gununung di Indonesia Ini Dikenal Paling Angker

Baca Juga : Seram! Kisah Mistis Dibalik Kucing Hitam Ditengah Masyarakat


2. Hantu Noni Belanda sering nongol di Gedung Juang Bekasi


Gedung kuno lainnya yang sering terjadi penampakan hantu Noni belanda adalah Gedung Juang 45 di Tambun Selatan, Bekasi. Gedung Juang di bekasi ini juga salah saksi bisu perebutan kemerdekaan.

Gedung Juang sendiri dikenal sebagai rumah bagi ribuan kelelawar. Namun di balik kelelawar itu, Gedung yang menjadi Cagar budaya ini juga banyak menyimpan cerita mistis, salah satunya Noni Belanda.

Konon, penampakan hantu berwujud perempuan mengenakan baju putih khas Belanda sering muncul di Gedung ini. Meski baju putih, tetapi nampak kotor dan lusuh. Wajahnya terlihat pucat, rambut ikal panjang dan memakai topi.

Hantu Noni Belanda tersebut biasanya dilihat orang-orang yang lewat. Dikatakan bahkan saat itu hantu noni Belanda tersebut suka berdiri di trotoar Jalan Diponegoro.

3. Hantu Noni Belanda penguasa Pulau Danau Gunting Kebun Raya


Pulau ini tidak terlalu besar. Tetapi sering dijadikan tempat tinggal Burung Bangau putih dan burung-burung lainnya di Kebun Raya Bogor. Letaknya tepat berada di belakang Istana Bogor. Di danau buatan ini terdapat pulau kecil. Jika di lihat dari atas, danau buatan dan pulaunya ini menyerupai bentuk gunting, makanya disebut pulau danau gunting.

Namun siapa menduga pulau kecil itu sering nampak perempuan Belanda. Penjaga kebersihan di Kebun Raya, mengatakan pernah melihat perempuan tersebut berdiri di tengah pulau. Pernah suatu kali danau gunting ingin dibersihkan dan dikeruk. Namun niat ini terkendala, karena ekskavator yang digunakan rusak saat ingin mendalamkan kolam. Akhirnya mereka ke dukun.

Namun usaha itu sia-sia, karena sang dukun tidak mampu melakukan pengusiran terhadap hantu noni Belanda yang berada di tengah kolam gunting. Dan program pengerukan itu dihentikan.

4. Penampakan Noni Belanda di ruang tes CPNS Banten bikin heboh


Sebuah penampakan yang diduga makhluk halus terekam kamera CCTV di ruangan tes CPNS Provinsi Banten yang dilakukan di Pendopo Lama Gubernur Banten. Penampakan sesosok wanita yang diduga Noni Belanda terekam CCTV pada Minggu (9/11) lalu sekitar pukul 21.00 WIB.

Penampakan tersebut awalnya diketahui oleh salah satu staf BKD Provinsi Banten yang tengah melakukan persiapan di ruang yang akan digunakan untuk tes CPNS. Sesosok penampakan tersebut terekam di monitor CCTV pada ruangan tengah pendopo yang merupakan gedung peninggalan zaman Belanda.

Penampakan tersebut terlihat hanya selewat di monitor CCTV pada ruang tengah yang merupakan ruang tes para CPNS.  Akibat informasi ini, banyak orang yang ingin melihat rekaman CCTV itu. Namun karena saat ini masih berlangsung tes CPNS, rekaman CCTV tidak bisa diputar. Untuk diketahui hari ini tes CPNS dilakukan di provinsi Banten. Sebanyak 3.627 orang melanjutkan tes untuk diterima jadi pegawai di lingkungan Pemprov Banten.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24