Simak Yuk Dibalik Batik Bambu Mujur, yang Laku Keras di Eropa

Simak Yuk Dibalik Batik Bambu Mujur, yang Laku Keras di Eropa

Yuli Nopiyanti
2020-07-22 21:26:31
Simak Yuk Dibalik Batik Bambu Mujur, yang Laku Keras di Eropa
Ilustrasi Batik Bambu Mujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang Laku Keras di Eropa (Foto:Dok.Istimewa)

Diketahui bahwa Batik Bambu Mujur merupakan salah satu corak batik di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang diminati pasar Eropa karena kualitasnya sudah diakui berbagai kalangan pecinta batik.

“Kami sudah beberapa kali mengirim hasil karya Batik Bambu Mujur tersebut ke Spanyol,” kata salah satu perajin Batik Bambu Mujur, Nurul Huda, di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Namun tak hanya itu saja pasalnya dengan corak batik yang menggambarkan potensi alam Desa Sumbermujur, Batik Bambu Mujur telah beberapa kali diekspor ke Spanyol, Belanda dan Singapura.

Baca Juga: Kisah Nyimas Ciwangi Jadi Filosopi Batik Rereng Ciwangi, Mengandung Nasihat Soal Pelestarian Alam

“Alhamdulillah sudah beberapa kali mengirim batik ke luar negeri, seperti Belanda, Singapura dan yang sering ke Spanyol,” tuturnya.

Tak hanya itu saja bahkan melalui beberapa relasinya yang menetap di Spanyol, perajin batik di Desa Sumbermujur itu berhasil memasarkan produk batiknya hingga ke Negeri Matador tersebut.

“Para pelanggan kami tertarik dengan corak warna batik yang menggunakan warna alam dari tumbuhan sekitar, sehingga menambahkan kesan menyatu dengan alam,” katanya.

Nurul mengatakan corak Batik Bambu Mujur lebih banyak menggambarkan tentang potensi alam seperti halnya bambu, pisang, Gunung Semeru, dan beberapa potensi alam yang ada di Lumajang.

“Sampai saat ini produksi batik kami sudah berkembang pesat hingga beberapa kali mengikuti festival batik baik tingkat regional maupun nasional,” ujarnya.

Nurul juga mengatakan bahwa warga Desa Sumbermujur itu mulai belajar menekuni batik sejak tahun 2011 melalui kelompok batik, namun pada tahun 2016 sudah memberanikan diri untuk memulai produksinya secara mandiri.

Baca Juga: Mengintip Pulau Sebatik di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Ini Fakta-fakta Menariknya

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Lumajang terus mendukung keberadaan para perajin batik lokal dengan menyelenggarakan pameran batik secara rutin sehingga para perajin batik di Kota Pisang itu bisa memiliki sarana untuk promosi.

Tak hanya itu saja bahkan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Lumajang pernah menggelar kegiatan Batik Lumajang On The Street (BALOS) Night Carnival Exotica Mahameru untuk mempromosikan batik khas di kabupaten setempat.


Sumber:Antaranews


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24