Gambaran Desa Pocong, Benarkah Namanya Terkait dengan Legenda Pemberontak Kejam di Indonesia?

Gambaran Desa Pocong, Benarkah Namanya Terkait dengan Legenda Pemberontak Kejam di Indonesia?

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-13 14:35:35
Gambaran Desa Pocong, Benarkah Namanya Terkait dengan Legenda Pemberontak Kejam di Indonesia?
Desa Pocong (foto: eastjavatraveler.com)

Desa Pocong merupakan salah satu desa dari Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Penamaan desa ini terdapat beberapa rumor lekat dengan kejadian mistis.  Dikisahkan, ketika desa ini masih berupa hutan belantara dan belum banyak penghuni, ada hantu pocong yang muncul setiap hari. Kejadian ini berlangsung selama 40 hari berturut-turut, sehingga desa ini kemudian diberi nama Desa Pocong.

Namun, kisah ini diragukan kebenarannya karena para tetua desa tidak pernah menghubungkan sejarah desa dengan kehadiran hantu tersebut. Dari cerita lisan yang dikisahkan turun-temurun, konon, nama pocong diambil dari sebuah cerita munculnya sumber air pertama.

Baca Juga: Situ Cisanti di Bandung ini Selalu Dikunjungi Wisatawan untuk Berburu Berkah, Begini Cerita dari Juru Pelihara Makam

Baca Juga: Curug Kancil di Jabar ini Dilarang Berpakaian Baju Merah bila Berkunjung, Begini Ceritanya

Baca Juga: Batu Bleneng di Tol Cipali ini Menyimpan Misteri Mengundang Maut bila Dihancurkan, Benarkah?

Dulu ada sebuah pohon pucang yang dari bawahnya keluar air. Dari hari ke hari, air tersebut tidak juga berhenti mengalir dan meluas, sampai akhirnya menjadi sumber air. Sumber tersebut kemudian dikenal dengan sebutan sumber pucang. Daerah sekitar sumber, kemudian dikenal dengan nama Desa Pucang. Awalnya disebut desa pucang. Lambat-laun, berubah menjadi pocong.  

Desa Pocong juga masuk sebagai desa tertua di Madura. Dari kisah legenda yang beredar, warga percaya bahwa nama Desa Pocong, sudah ada bahkan sebelum Sumenep, Sampang atau Bangkalan sendiri. Pasalnya, mereka percaya bahwa sejarah Desa Pocong, berkaitan erat dengan legenda Ke’ Lessap; legenda pemberontak yang paling mashur di Madura.

Ini terbukti dari sudah di kenalnya Nyai Pocong sebagai salah satu selir Raja Pangeran Cakraningrat IV (versi lain megatakan Cakraningrat III). Penguasa kerajaan di wilayah yang kini dikenl dengan nama Bangkalan.

Nyi pocong adalah ibu dari Ke’ Lessap, seorang pangeran yang terbuang. Meski lahir sebagai anak selir, Ke’ Lessap ternyata tidak mendapat pengakuan dari ayahnya. Bahkan, alih-alih mendapat penghormatan sebagai pangeran, ia dijadikan juru rawat kuda istana. Merasa terhina dan tak diakui, ia kemudian bertapa untuk mendapat kesaktian.

Usahanya tak sia-sia. Ia kemudian mendapat pusaka berupa calok (golok) bernama Kodhi Crancang. Berbekal pusaka tersebut, Ke’ Lessap kemudian melakukan pemberontakan. Ia memulai dengan menguasai ujung timur Pulau Madura. Daerah yang kemudian dikenal dengan nama Sumenep atau dulunya Songennep. Berasal dari kata Moso (Musuh) dan Ngenep (Menginap) atau tempat musuh menginap. Sebab, ketika menguasai wilayah tersebut, Le’ Kessap sempat menginap di sana.

Begitu pula dengan nama Pamekasan, yang berasal dari Mekasan atau pesan peringatan yang dikirim Ke’ Lessap sebelum menguasai wilayah yang ada di barat Sumenep tersebut. Sedangkan nama Sampang berasal dari kata nyimpang. Kata yang diambil dari tindakan Ke’ Lessap membelokkan arah pasukannya untuk menghindari sergapan Pasukan Adipati Adikoro IV. Utusan ayah Ke’ Lessap.

Baca Juga: Pohon Beringin di Kota Cirebon ini Dipercaya Tempat Berkumpul Kuntilanak Hingga Gondoruwo, Begini Cerita Warga Setempat

Baca Juga: Gunung Lawu di Pulau Jawa ini Dilarang Didaki Warga Asal Bojonegoro dan Cepu, Begini Penjelasan Kepala Dusun Cemoro Sewu

Baca Juga: Dibalik Keindahan Rawa Bacin di Indramayu ini Diselimuti Aura Mistis, Begina Cerita dari Tokoh Warga Setempat

Dan nama Bangkalan, berasal dari kata bengkah laan artinya, mati sudah. Diambil dari peristiwa ketika raja menyerukan kata bengkah laan berulang-ulang setelah matinya Ke’ Lessap.

Sumber: eastjavatraveler.com


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30