Pohon Beringin di Kota Cirebon ini Dipercaya Tempat Berkumpul Kuntilanak Hingga Gondoruwo, Begini Cerita Warga Setempat

Pohon Beringin di Kota Cirebon ini Dipercaya Tempat Berkumpul Kuntilanak Hingga Gondoruwo, Begini Cerita Warga Setempat

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-13 10:46:12
Pohon Beringin di Kota Cirebon ini Dipercaya Tempat Berkumpul Kuntilanak Hingga Gondoruwo, Begini Cerita Warga Setempat
Pohon Beringin Panca Warna di Kota Cirebon (foto: gragepolitan.com)

Salah satu pohon beringin di Kota Cirebon, Jawa Barat tepatnya kalau dari arah Jalan Pekiringan belok kanan dan menyusuri ruas jalan hingga masuk di Jalan Pagongan sangat terkenal angker.

Dari cerita masyarakat sekitar, pohon beringin tersebut bukanlah pohon beringin sembarangan. Tetapi memiliki cerita mistik/gaib yang cukup kuat hingga oleh masyarakat setempat sejak lama dinamai Pohon Beringin Panca Warna.

Baca Juga: Seram! Ini 3 Rumah Sangat Angker di Indonesia

Baca Juga: Wajib Waspada! Ini Tanda Wanita Pemakai Susuk

Baca Juga: Gunung Lawu di Pulau Jawa ini Dilarang Didaki Warga Asal Bojonegoro dan Cepu, Begini Penjelasan Kepala Dusun Cemoro Sewu

Munculnya nama Panca Warna sendiri, bukannya tanpa sebab atau serta merta begitu saja. Namun sejak sekitar 50 tahun lalu, konon pohon beringin tersebut telah mengalami lima perubahan yang berwujud Pohon Bendana atau yang biasa disebut Pohon Pete Selong.

Mitos kuat terkait keberadaan pohon tersebut menjadi cerita masyarakat sekitar secara turun-temurun. Sebagian dari mereka beranggapan di lokasi Pohon Beringin tersebut merupakan tempat berkumpulnya bangsa para dedemit dan mahluk halus (astral) lainnya.

Hilangnya Pohon Bendana, menurut cerita masyarakat sekitar, kemudian di tempat tersebut tumbuh Pohon Kesambi. Sejak itu dalam kurun 50 tahun berturut-turut tumbuh pohon berbeda. Seperti Pohon Waru, Pohon Berduri, dan terakhir Pohon Beringin yang sekarang tegak berdiri.

“Karena mengalami perubahan lima wujud tersebut, maka pohon ini kemudian disebut Pohon Beringin Panca Warna,” kata Wartinah Kuncen Pohon Beringin Panca Warna.

Disamping Pohon Beringin terdapat tiga makam kuno. Makam-makam itu diyakini merupakan makamnya pemilik Pohon Beringin Panca Warna. Masing-masing Makam Kyai Darus, Kyai Talka, dan makam Mbah Trikmanik. Mereka semuanya termasuk merupakan keluarga Wartinah selaku kuncen ditempat tersebut.

Aura mistis yang terpancar kuat dari makam, menambah keangkeran Pohon Beringin Panca Warna. Beberapa orang percaya barang siapa yang berziarah ke makam ini, keinginannya akan terkabul.

Menurut Wartinah, tempat ini awalnya merupakan lokasi pembuangan benda-benda pusaka yang tidak terawat oleh pemiliknya. Bilamana benda pusaka dibuang ketempat ini maka benda tersebut akan hilang, lenyap entah kemana.

Dibelakang Pohon Beringin Panca Warna terdapat empat sumur. Konon katanya disumur inilah semua mahluk halus penunggu bersemayam. Bahkan terkadang dari sumur tersebut konon sering terdengar suara cekikikan kuntilanak, bayi menangis, bahkan tak jarang mahluk astral tersebut menampakan dirinya.

Memang dari semuanya yang ada di situ, keempat sumur inilah yang kemudian dianggap paling angker. Setidaknya ada seratus penunggu bersemayam di sumur tersebut, seperti kuntilanak, genderuwo, pocong, dan lain lain.

Baca Juga: Dibalik Keindahan Rawa Bacin di Indramayu ini Diselimuti Aura Mistis, Begina Cerita dari Tokoh Warga Setempat

Baca Juga: Jembatan Eretan di Indramayu ini Terkenal Angker, Begini Cerita Mistis dari Seorang Nenek

Baca Juga: Batu Pewadonan di Indramayu, Batu Mirip Alat Kelamin Wanita Menyimpan Mitos Enteng Jodoh bagi Kaum Hawa, Begini Ritualnya

Menurut penuturan Wartinah, jika ada orang yang sedang bertapa semua mahluk halus yang ada di tempat tersebut mereka akan berkumpul mengelilingi pertapa.

“Mereka semua berkumpul di dekat orang yang bertapa, kalau dilihat dengan mata batin tempat ini penuh dengan mahluk halus,” katanya.

Sumber: gragepolitan.com


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30