Patilasan Nyai Rambut Kasih di Majalengka Sering Terjadi Penampakan Sosok Wanita Cantik, Benarkah?

Patilasan Nyai Rambut Kasih di Majalengka Sering Terjadi Penampakan Sosok Wanita Cantik, Benarkah?

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-11 18:14:13
Patilasan Nyai Rambut Kasih di Majalengka Sering Terjadi Penampakan Sosok Wanita Cantik, Benarkah?
Patilasan Nyai Rambut Kasih di Majalengka (foto: catatan majalengka)

Patilasan Nyai Rambut Kasih yang berada di Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat sedikit warga mengaku kerap melihat penampakan sosok wanita cantik memesona dengan rambut panjang terurai.

Diketahui, Nyai Rambut Kasih disebut-sebut pemimpin Kerajaan Sindang Kasih. wilayah kekuasaan Nyai Rambut Kasih konon juga memiliki Buah Maja, yang disebut ampuh sebagai penyembuh penyakit.

Baca Juga: Kisah Cinta Beda Agama dari Pangeran Muhammad dan Nyai Rambut Kasih yang Menjadi Asal Usul Nama Majalengka, ini Ceritanya

Baca Juga: Terowongan di Tol Cisumdawu Sumedang ini Sering Terjadi Penampakan, Begini Cerita Mengerikan dari Ketua BPD Desa Mekarjaya

Baca Juga: Situ Gede di Tasikmalaya ini Menyimpan Mitos Dilarang Berkunjung bagi Warga Sumedang, ini Alasannya

Kabar keberadaan Buah Maja ini, terdengar hingga ke telinga Sunan Gunung Djati, yang kemudian mengutus putranya, Pangeran Muhammad untuk menemukan obat itu. Tapi karena ada ketidaksepahaman terkait keyakinan dua tokoh ini, akhirnya pertarungan antara Nyai Rambut Kasih dengan Pangeran Muhammad pun tak terhindarkan.

Konon berkat kesaktiannya, Nyai Rambut Kasih menghilang secara misterius bersama Buah Maja. Legenda ini pun akhirnya dikaitkan sebagai asal usul nama wilayah Majalengka, yakni Buah Maja yang langka.

Kembali ke Patilasan Nyai Rambut Kasih, tak sedikit warga yang mengaku kerap melihat penampakan sosok wanita cantik memesona dengan rambut panjang terurai. Sosok ini wanita msiterius ini konon dipercaya warga sebagai perwujudan dari Nyai Rambut Kasih, Sang Ratu Majalengka.

Selain penampakan sosok wanita yang disebut sebagai jelmaan Nyai Rambut Kasih, warga sekitar juga mengeramatkan Batu Patilasan. Tak sedikit warga yang datang berziarah ke tempat tersebut.

Selain bentuk fisik Batu Patilasan yang terlihat kasat mata, tempat ini juga mengalirkan banyak kisah magis. salah satunya tentang kematian misterius seseorang yang konon sempat mengaliri wilayah itu dengan limbah, hingga akhrinya menderita sakit parah.

Baca Juga: Mitos dari Goa Tak Berujung di Ciamis ini Dipercaya Dapat Tembus ke Mekkah, Begini Cerita dari Warga Setempat

Baca Juga: Pendopo Kabupaten Tasik Kerap Terdengar Suara Makhluk Astral, Begini Cerita dari Petugas Satpol PP

Baca Juga: Makam dan Gua Pamijahan di Tasikmalaya ini Disebut-sebut Dapat Tembus Menuju Makkah, Benarkah?

Masih terkait dengan legenda Nyai Ratu Kasih, Sumur Hulu Dayeuh juga menyimpan misteri yang terus dikisahkan warga dan peziarah hingga sekarang. Selain disebut sebagai tempat keramat, Sumur Hulu Dayeuh, konon juga dijaga makhluk astral berwujud seorang kakek. 

Di balik beragam kisah mistis di lokasi, kini Patilasan Nyai Rambut Putih, justru menjadi objek wisata. Tempat yang juga sudah dijadikan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka sejak tahun 1994 itu, kini banyak dikunjungi para peziarah.


Share :

HEADLINE  

Arti Kata dan Makna Kmmsmmsamm dan kmmktdkbmnklb, Bahasa Gaul Viral di TikTok

 by Andrico Rafly Fadjarianto

November 09, 2023 12:00:00


Ada Kaesang hingga Reza Arap, Ini Daftar Lengkap Anggota TKN Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

November 07, 2023 13:53:23


Aksi Bela Palestina Monas 5 November 2023 Dihadiri 2 Juta Orang

 by Andrico Rafly Fadjarianto

November 05, 2023 12:00:00


Celine Evangelista Terseret Kasus Korupsi Tambang, Panggil "Papa" ke Jaksa Agung?

 by Andrico Rafly Fadjarianto

November 02, 2023 14:10:18