Sering Sakit Tenggorokan? Coba Konsumsi 6 Jus Buah Ini

Sering Sakit Tenggorokan? Coba Konsumsi 6 Jus Buah Ini

Dedi Sutiadi
2020-07-07 08:00:00
Sering Sakit Tenggorokan? Coba Konsumsi 6 Jus Buah Ini
Ilustrasi Sakit Tenggorokan. (Foto: Istimewa)

Di cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini, membuat tubuh rentan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa menyebabkan aktifitas terganggu, karena akan mengakibatkan batuk sepanjang hari. 

Menurut seorang pakar nutrisi asal Inggris bernama Dr. Kishore, bahwa sakit tenggorokan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi beberapa jus buah alami. Penasaran jus apa saja? Berikut ini enam jusnya;

1. Jus semangka

Menurut Dr. Mark Hyman dilansir The Daily Meal, bahwa buah semangka dan brokoli mengandung antioksidan bernama glutathion, yang sangat baik untuk kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. Maka dari itu selain bermanfaat baik bagi tenggrokan, mengkonsumsi jus semangka juga membuat tubuh mendapat asupan gizi yang sangat banyak.

Baca juga: Enak, Sehat dan Mudah! Cireng Ayam Kare: Cemilan Lezat di Sore Hari, Ini Cara Buatnya

2. Jus jeruk

Menurut penelitian dari Stephen Lawson dari Linus Pauling Institute, Oregon State University, dilansir Live Strong, yang mengatakan bahwa jus jeruk adalah minuman yang baik untuk mencegah sakit tenggorokan dan bisa dikatakan vitamin C dalam jeruk dapat membantu penyembuhan sakit tenggorokan.

3. Jus tomat

Meminum jus tomat dapat membantu mencegah dan juga mengobati sakit tenggorokan. Hal ini karena hampir 95 persen kandungan dalam buah tomat adalah air, yang berfungsi untuk membuat tenggokan selalu basah dan mencegah iritasi.

Baca juga: Robot Sex Mirip Manusia Selama Pandemi Corona Laku Keras, Bisa Mendesah dan Ngobrol Lho!

4. Jus kiwi

Menurut Dr Kieran Elborough, General Manager Of Science, Food Innovation And Plant & Food mengacu pada penelitian yang dilakukan New Zaeland's Plant And Food Research dilansir Muddy Boots, mengatakan bahwa kandungan dalam buah kiwi sangat baik untuk mencegah dan memberikan perlindungan pada sakit tenggorokan.

5. Jus pisang

Di dalam buah pisang, terdapat kandungan potasium yang bermanfaat sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan dan juga mencegah terjadinya batuk. Jadi meminum jus pisang, selain bisa menyembuhkan sakit tenggorokan, juga bisa mencegahnya dengan meminumnya secara teratur.

6. Jus nanas

Di dalam buah nanas, terdapat enzim bernama bromelin. Bromelin berfungsi untuk mencegah iritasi yang terjadi di dalam tenggorokan.

Hal itu senada dengan pernyataan dari Kathryn Hill, dilansir The Kitchn yang mengatakan bahwa nanas memiliki enzim bernama bromelin, yang mengandung zat anti inflamasi. Berfungsi mengurangi iritasi saat sakit tenggorokan, selain itu nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30