Correcto - Portal Berita Terbaru Berita Viral Terbaru
Foto
Ilustrasi Berhenti Merokok (Istimewa)

Wajib Dicoba! 8 Cara Ini Diyakini Ampuh Membantu Anda Berhenti Merokok


Hampir 95 persen perokok selalu mencoba untuk berhenti merokok, tapi pada kenyataanya mereka selalu gagal. Salah satu kendala utama mengapa perokok gagal untuk berhenti adalah karena ketidakmampuan untuk membuat rumus dan mengikuti program berhenti merokok secara benar.

Bila hal tersebut juga sedang Anda alami, maka upayakan agar tidak menyerah. Setiap individu pada intinya mampu untuk mengubah kebiasaan merokok ketika memiliki niat dan tujuan yang kuat. Anda tak perlu berlama-lama untuk menghilangkan kecanduan terhadap rokok.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda dalam menghentikan kebiasaan merokok, dan hal ini dapat tercapai dalam kurun waktu 30 hari yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga : Wajib Dicoba! Ini 4 Makanan yang Baik Dimakan Sebulum Tidur Bagi Penderita Insomnia


1. Libatkan keluarga dan teman


Niat dan usaha tampaknya belum cukup untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok. Diperlukan sedikit dukungan dan motivasi dari teman dan keluarga untuk terus menyemangati dan membantu Anda dalam melawan kecanduan akibat nikotin. Libatkan selalu keluarga dan teman Anda secara aktif dalam setiap program berhenti merokok.

2. Memulai program olahraga


Sebuah cara yang bagus untuk mengurangi hasrat merokok adalah dengan memulai program latihan secara rutin. Berjalan-jalan atau pergi ke gym bersama teman mungkin akan mengalihkan pikiran Anda. Ingat, olahraga mampu menghilangkan stres dan membantu membalikkan efek samping yang disebabkan oleh rokok selama bertahun-tahun.

Mulailah untuk merencanakan program kebugaran dengan intensitas lambat (di awal) dan kemudian secara bertahap beralih ke aktivitas yang lebih ketat. Tetapi sebelum memulainya, pastikan bahwa Anda sudah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

3. Teknik pernafasan


Perlu diingat bahwa kunci sukses berhenti merokok terletak pada diri sendiri dan kontrol. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan melakukan teknik bernapas yang dalam. Banyak orang menganggap bahwa cara ini sebagai salah satu teknik yang paling kuat dan penting, terutama dalam membantu pikiran tetap rileks dan mengatasi segala jenis bentuk stres.

4. Minum banyak air


Air membantu menyiram nikotin dan bahan kimia lainnya dari tubuh Anda dan karenanya, minum air dalam jumlah yang cukup adalah suatu keharusan bagi setiap perokok. Minum banyak air juga membantu Anda mengurangi keinginan mulut untuk merokok.

5. Terapi pengganti nikotin


Akhir-akhir ini banyak dokter yang menyarankan kepada perokok untuk mengunyah permen karet untuk mengurangi efek berbahaya dari rokok. Mengunyah permen karet dipercaya dapat mengekang keinginan seseorang untuk tidak merokok. Cara ini akan memungkinkan perokok dalam mengatasi kecanduan nikotin dan mengurangi keinginan merokok.

6. Jauhi material terkait rokok


Jauhi segala macam material (bahan) yang menggugah selera merokok seperti korek api, asbak. Karena jika benda-benda tesebut berada di sekitar Anda, bukan tidak mungkin akan memicu kembali gairah Anda untuk merokok.

Baca Juga : Waspada! Ini Kerugian Bila Wanita Minum Kopi Secara Berlebihan


7. Bulatkan tekad


Begitu Anda berencana untuk berhenti merokok, buatlah sebuah harapan dan target dalam sebuah catatan pribadi. Setiap kali Anda merasa menyerah pada godaan, buka kembali catatan pribadi Anda untuk mengingat akan tujuan awal Anda.

8. Berpikir positif


Pikiran memegang peranan vital dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita seseorang. Tanamkan selalu dibenak Anda bahwa Anda mampu dan bisa untuk melepaskan godaan-godaan.



Tag :

KesehatanMerokokRokok

Artikel Terkait :

  • Inilah Sejumlah Tempat di Indonesia yang Pernah Heboh atas Penampakan Hantu Noni Belanda

  • Tradisi Bakar Batu: Cara Masyarakat Papua Bersilaturahmi

  • Banjir Bandang di Luwu Utara, Listrik Mati-Jaringan Telekomunikasi Sulit hingga Rumah Dinas Bupati Terendam

  • Mulai Sering Gunakan Apliaksi Zoom? Gini Cara Aktifkan Suara dan Video di Zoom


  • Share to: