Jokowi Sebut Banyuwangi Paling Siap Menuju New Normal, Ini Alasannya

Jokowi Sebut Banyuwangi Paling Siap Menuju New Normal, Ini Alasannya

Ahmad
2020-06-25 21:25:48
Jokowi Sebut Banyuwangi Paling Siap Menuju New Normal, Ini Alasannya
Presiden Joko Widodo menilai Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur termasuk daerah yang paling siap menuju tatanan kehidupan baru atau new normal. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo menilai Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur termasuk daerah yang paling siap menuju tatanan kehidupan baru atau new normal. 

Hal ini disampaikan Jokowi saat mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long di sela kunjungan kerja ke Banyuwangi, Kamis 25 Juni 2020.

Jokowi menuturkan, Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang paling serius membenahi sektor pariwisata di tengah pandemi agar dapat segera kembali bergerak dan memastikan keamanan serta keselamatan para pengunjung.

Baca Juga: Waduh, Akibat Corona Bulog Tunda Ekspor 100 Ribu Ton Beras ke Saudi

"Saya melihat di lapangan Banyuwangi adalah daerah yang paling siap menyiapkan prakondisi menuju normal baru," ujar Jokowi melalui keterangan tertulis, Kamis 25 Juni 2020.

Pemerintah kabupaten Banyuwangi sudah serius menerapkan protokol kesehatan khususnya di sektor pariwisata dengan mengatur kapasitas destinasi wisata.

Wisatawan yang nantinya akan mengunjungi satu destinasi tertentu diharuskan memesan tiket via internet. Sistem secara otomatis akan langsung menghentikan proses apabila kapasitas destinasi telah mencapai batas kunjungan sesuai protokol jaga jarak aman.

Pemerintah setempat juga melakukan sertifikasi dan uji kompetensi protokol kesehatan bagi para pemandu wisata dengan melibatkan para ahli kesehatan. Para pemandu pun akan dilatih secara khusus mengenai protokol kesehatan.

"Hotel-hotel misalnya bintang tiga ke bawah semuanya diberikan pada rakyat, yang bintang empat lima dan seterusnya diberikan kepada investor," katanya.

Jokowi mendukung penuh apa yang dilakukan pemerintah kabupaten Banyuwangi dalam menggerakkan sektor pariwisata, utamanya terkait prakondisi menuju new normal.

Baca Juga: Pakai Pelindung Wajah, Jokowi Blusukan ke Pasar Banyuwangi

"Kita mendukung penuh apa yang dilakukan Pak Bupati dan Gubernur dalam menyiapkan prakondisi menuju tatanan normal baru sehingga nantinya saat timing yang tepat dibuka kembali, masyarakat terutama sektor pariwisatanya betul-betul sudah siap," ucap Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi saat meninjau Pantai So Long antara lain, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30