Kisah Mistis Lorong Cirebon yang Konon Tembus ke Arab & China

Kisah Mistis Lorong Cirebon yang Konon Tembus ke Arab & China

Alpandi Pinem
2020-06-24 11:41:29
Kisah Mistis Lorong Cirebon yang Konon Tembus ke Arab & China
Gua Sunyaragi di Cirebon (Istimewa)


Indonesia memiliki beberapa tempat yang terkenal dengan nuansa angker karena bangunannya sudah tua. Belum lagi legenda-legenda terbentuknya sebuah kawasan yang banyak dikata orang ada penunggunya.

Salah satu kisah mistis yakni Gua Sunyaragi di Cirebon menyimpan banyak mitos. Dilansir dari berbagai sumber Gua Sunyaragi yang kini terkenal sebagai destinasi kekinian Cirebon yang diperkirakan telah ada sejak tahun 1529 diyakini masyarakat setempat memiliki lorong mistis Cirebon yang menjadi jalan pintas menuju Arab Saudi dan China.

Baca Juga : Kisah Misteri Jalan Karanggetas Cirebon yang Konon Ditakuti Para Pejabat

Gua Sunyaragi yang kini terkenal sebagai destinasi kekinian Cirebon yang diperkirakan telah ada sejak tahun 1529 diyakini masyarakat setempat memiliki lorong mistis Cirebon yang menjadi jalan pintas menuju Arab Saudi dan China.

Di sana ada dua pintu masuk, pintu sebelah kanan diyakini menjadi jalan menuju Makkah-Madinah sedangkan pintu menuju ke China di sebelah kiri. Lorong itu sebenarnya biasa saja, bentuknya cuma ruangan. Namun, lorong itu memiliki filosofi bahwa kiblat pendidikan agama di Makkah-Madinah sedangkan kiblat ilmu ada di China.

Gua Sunyaragi Cirebon dulunya adalah tempat meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Gua ini dikelilingi danau yaitu Danau Jati yang kini sudah mengering dan dilalui jalan by pass Brigjen Dharsono. Gua ini memiliki dua bangunan yang memiliki fungsinya masing-masing seperti rumah zaman kerajaan.

Baca Juga : Sumur Keraton di Cirebon Ini Konon Diyakini Bikin Jomblo Cepat Dapatkan Jodoh

Ada mitos terkenal dari Gua Sunyaragi ini. Konon jika ada gadis perawan yang menyentuh patung batu bernama Perawan Sunti ia akan sulit mendapatkan jodoh dan bahkan tidak akan pernah menikah seumur hidupnya.

Tapi jika tidak sengaja menyentuh patung batu tersebut, ada hal yang bisa dilakukan untuk menangkalnya yakni berjalan ke dalam Gua Kelanggengan yang dipercaya melanggengkan sesuatu termasuk urusan jodoh.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30