Tak Seperti Biasa, HUT Jakarta ke 493 Digelar Virtual, Acaranya Ngapain Aja ya? Cek Disini

Tak Seperti Biasa, HUT Jakarta ke 493 Digelar Virtual, Acaranya Ngapain Aja ya? Cek Disini

Yuli Nopiyanti
2020-06-21 12:54:55
Tak Seperti Biasa, HUT Jakarta ke 493 Digelar Virtual, Acaranya Ngapain Aja ya? Cek Disini
Hut DKI Jakarta ke 493 Dirakayak secara Virtual (Foto:Dok .Istimewa)

Pemprov DKI akan merayakan hari ulang tahun ke 493 besok lusa, Senin 22 Juni 2020. Bahkan tak hanya itu saja pasalnya perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-493 dipastikan akan berbeda dari sebelumnya. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan, perbedaan gelaran tahun ini hanya terkait tata cara dalam merayakan HUT Kota Jakarta.

Dikutip dari akun twitter Pemprov DKI disebutkan perayaan ulang tahun DKI itu akan diselenggarakan secara virtual. jika sebelumnya, dalam rangkaian perayaan HUT Kota Jakarta banyak diisi dengan kegiatan luar ruang dengan kerumunan besar, maka pada masa pandemik ini perlu membiasakan diri dengan kegiatan di dalam ruang tanpa kerumunan besar, bahkan dengan kegiatan virtual.

Baca Juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun Jokowi Ramai di Medsos, Dari Sri Mulyani, Putra Nababan, Hingga Luhut Binsar Panjaitan

"Berbagai kebiasaan baru tersebut tidak mengurangi substansi dari HUT Kota Jakarta, yaitu mensyukuri sekaligus merefleksi kemajuan kita. Kita pun bisa tetap menemukan suka ria dalam bentuk baru melalui berbagai kegiatan yang baru familiar di masa pandemik ini," ujarnya melalui keterangan tertulis pada Sabtu 20 Juni 2020.

Tak hanya itu saja bahkan perayaan ulang tahun itu dimulai sejak, Sabtu 20 Juni 2020 dengan rangkaian virtual tour ke sejumlah lokasi wisata di Jakarta seperti museum, Ragunan, dan air mancur menari di lapangan banteng.

Namun tak hanya itu saja bahkan tema perayaan HUT Jakarta tahun ini adalah "Jakarta Tangguh". Tema itu menunjukkan pesan bahwa Jakarta sebagai kota yang tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Saefullah merinci rangkaian acara HUT Ke-493 Kota Jakarta dimulai dengan upacara yang diikuti oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, dilaksanakan Sidang Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Tak hanya itu sja abhkan ia juga mengatakan bahwa baik upacara maupun Sidang Paripurna DPRD DKI akan diselenggarakan sesuai protokol kesehatan yang diamanatkan pada Pasal 2 Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 51 Tahun 2020.

Baca Juga:  Kiamat Hari Ini, Menurut Kalender Suku Maya, MUI Ingatkan Agar Jangan Terpengaruh

Sementara itu, kegiatan Festival Jakarta Great Online Sale akan dilaksanakan pada tanggal 22 - 30 Juni 2020. Pemprov DKI berharap masyarakat bisa turut membantu UMKM Jakarta pada masa pandemi melalui platform belanja online.

Sementara itu, kegiatan Jakarta Fair maupun Festival Jakarta Great Sale belum dapat dilaksanakan pada masa pandemi. Hal itu bertujuan untuk mencegah keramaian yang potensial penularan corona.

Rangkaian acara HUT Ke-493 Kota Jakarta secara virtual dapat dinikmati mulai 20-22 Juni 2020 di Beritajakarta.tv dan akun media sosial Pemprov DKI Jakarta.

Berikut rincian rangkaian acara virtual untuk merayakan HUT Ke-493 Kota Jakarta:

1. Jakarta Great Online Sale: berkolaborasi dengan 8 platform/e-commerce yang memberikan penawaran menarik untuk masyarakat dalam bertransaksi secara online.

2. Tur Virtual: Taman Margasatwa Ragunan, Sea World Ancol, Planetarium, 5 Museum di Jakarta, Air Mancur Menari, dan melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

3. Gubernur Menyapa Warga: Gubernur Provinsi DKI Jakarta akan mengobrol santai membahas soal Jakarta melalui Live Zoom Meeting dari Balai Kota bersama Wali Kota / Bupati beserta Dewan Kota dan Dewan Kabupaten di Kantor Wali Kota / Bupati; Camat dan Lurah di Kantor Kecamatan beserta perwakilan RW/RT, FKDM, PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Tokoh Agama.

Baca Juga: Heboh, Kerabat Positif Covid19 Hingga Ada yang Meninggal, Usai Berlangsungnya Pesta Pernikahan

4. Zoom Meeting Gubernur dan Wakil Gubernur:

- Live Zoom Meeting dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta bersama 40 warga terpilih yang memberikan video ucapan HUT Kota Jakarta terbaik dan terkreatif melalui akun media sosial Instagram Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta dan @jsclounge).

- Live Zoom Meeting dengan para Duta Besar Sister City untuk membahas Jakarta Now and Future dalam rangka HUT Jakarta.

5. Beragam program menarik Berita Jakarta TV yang bisa disaksikan secara streaming di Beritajakarta.tv. Acara itu antara lain virtual Pensi Band SMA, Tik Tok Topeng Betawi, Live Report dari Balai Kota dan DPRD.

Pada HUT Ke-493 Kota Jakarta ini juga sekaligus launching (meluncurkan) Beritajakarta.tv yang merupakan pengembangan dari Beritajakarta.id dengan platform TV Digital yang memberikan informasi tentang Jakarta secara visual melalui program-program menarik yaitu :

1. Beritajakarta Reportase

2. Ngobrol Tengah Hari

3. Mpok Sapa

4. Wajah Jakarta

5. Jurnal Kebon Sirih

6. Petantang Petenteng


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30