Sampuren Putih di Sumut, Objek Wisata Punya Legenda Tragis

Sampuren Putih di Sumut, Objek Wisata Punya Legenda Tragis

Foto
Air Terjun Sampuren Putih (foto: travelingyuk.com)

Di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sangat kaya dengan objek wisatanya, dan hampir semua objek wisata di Sumut menyimpan legenda. Seperti Danau Toba, Danau Lau Kawar, Batu Gantung, masih banyak lagi. 

Kali ini salah satu objek wisata yang punya legenda adalah Sampuren Putih. Sampuren Putih yang punya legenda tragis ini berada di Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Dinamakan Sampuren Putih yang berarti Air Terjun Putih karena pada saat jatuh air terjun ini membentuk buih-buih berwarna putih. Air terjun ini diperkirakan memiliki ketinggian hingga 150 meter dan terdiri atas tujuh tingkatan air terjun.

Baca Juga: Legenda Aek Sipaulak Hosa, Jernih dan Nikmat Air Mineral, Gini Asal Mulanya

Namun dari ketujuh tingkat tersebut, hanya satu tingkat yang dapat terlihat dengan ketinggian sekitar 3 meter. Sedangkan keenam tingkat air terjun lainnya tertutup bebatuan tebing.

Alam di sekitar air terjun ini juga sangat indah dan asri, sedangkan aliran sungainya dipenuhi bebatuan besar yang menambah kesan eksotis pada air terjun ini.

Selain indah, air terjun ini juga dibalut legenda tragis tentang seorang abang yang membunuh adiknya karena iri kepada sang adik yang mencintai gadis yang juga dicintai sang abang.

Baca Juga: Danau Sicike-cike di Dairi, Danau Indah Menyimpan Legenda, ini Ceritanya

Cerita rakyat menyebutkan, lokasi ini menjadi saksi bisu pertikaian keluarga yang berujung dibunuhnya sang adik karena sang kakak iri, gadis yang dicintai lebih memilih sang adik daripada dirinya.

Selain legenda yang tragis tersebut, air terjun ini juga telah memakan beberapa korban karena aliran Air Terjun Sampuren Putih memang cukup deras dan kolam air terjunnya cukup dalam.



Tag :

SumutSibolangitWisataLegendaMitosSampuren Putih

Artikel Terkait :

  • Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara. Ini Buktinya

  • Fakta-fakta Anak Rizki DA-Nadya Mustika yang Lahir di Bulan Ramadan

  • Tips Simpan Kurma Kering dan Kurma Basah Supaya Awet

  • Aksi Freestyle Motor di Riau Tabrak Wanita Hamil hingga Tewas Terekam Kamera


  • Share to: