Terkait Olahraga di Luar Ruangan Saat Pandemi Covid-19, Ini kata dr Reisa

Terkait Olahraga di Luar Ruangan Saat Pandemi Covid-19, Ini kata dr Reisa

Ahmad
2020-06-17 17:29:15
Terkait Olahraga di Luar Ruangan Saat Pandemi Covid-19, Ini kata dr Reisa
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat untuk tidak berolahraga berat di masa pandemi Corona (COVID-19). Foto: Istimewa

Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat untuk tidak berolahraga berat di masa pandemi Corona (COVID-19).

"Olahraga teratur merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh kita. Tetapi, untuk masa pandemi ini, olahraga yang disarankan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah olahraga dalam intensitas ringan hingga sedang," ujar Reisa dalam siaran langsung yang disiarkan akun YouTube BNPB, Rabu 17 Juni 2020.

"Olahraga berat tidak disarankan terlebih dahulu karena pasca-berolahraga tubuh kita membutuhkan waktu untuk ke kondisi normal atau fit. Proses ini membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan kita berolahraga ringan. Dan hal ini akan membuat kita lebih berisiko terinfeksi," tambahnya.

Baca Juga: Apakah Menggunakan Face Shield Lebih Aman Daripada Menggunakan Masker?

Reisa mengatakan olahraga bertujuan menyehatkan badan. Namun masyarakat diminta memperhatikan tingkat kebugaran dan risiko kesehatan sebelum berolahraga.

"Ketika kita sudah memutuskan suatu jenis olahraga tertentu, pertama, pastikan aman dari COVID-19. Kalau kita merasa berolahraga di luar rumah tidak aman karena banyak kerumunan orang atau wilayah kita sedang merebak wabah penyakit, sebaiknya tetap olahraga di rumah saja," ujar dia.

Reisa mengatakan masyarakat punya banyak opsi saat berolahraga di rumah. Olahraga ringan juga bisa dilakukan dengan bantuan barang-barang yang ada di rumah.

Namun, bila ada yang ingin berolahraga di luar rumah, Reisa mengingatkan untuk menaati protokol kesehatan. Dia menegaskan kembali, tujuan utama olahraga adalah menyehatkan badan.

"Kalau kita ingin berolahraga di luar rumah sambil melepas penat di rumah, ingat unsur keamanan. Tentunya keamanan di sini berkaitan COVID-19. Usahakan tetap jaga jarak aman dengan orang lain, terutama bila kita tak bisa menggunakan masker. Padahal protokol keamanan wajib menggunakan masker. Praktikkan protokol kesehatan selalu terutama bila kita di luar rumah," ujar Reisa.

Baca Juga: Benarkah Trombosis Jadi Penyebab Kematian Pada Pasien Positif Covid 19? Cek Disini

Dia mengatakan berolahraga dengan protokol kesehatan memang awalnya terkesan aneh. Namun, karena kewajiban, nantinya akan terbiasa.

"Berdasarkan penelitian, kita harus menjaga jarak sekitar 3-4 meter ketika berlari atau 10-20 meter saat bersepeda," sambungnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30