Ditengah Pandemi Corona Masjid Agung Solo Kembali Gelar Salat Jumat Besok

Ditengah Pandemi Corona Masjid Agung Solo Kembali Gelar Salat Jumat Besok

Yuli Nopiyanti
2020-06-11 18:29:12
Ditengah Pandemi Corona Masjid Agung Solo Kembali Gelar Salat Jumat Besok
Masjid Agung Surakarta mulai kembali menggelar salat Jumat besok (Foto:Dok.Istimewa)

Setelah beberapa bulan tidak mengelar shalat jumat kini  Masjid Agung Surakarta mulai kembali menggelar salat Jumat besok, Jumat 12 Juni 2020. Takmir masjid pun menyiapkan antisipasi jika terjadi kelebihan kapasitas atau overload, mengingat salat Jumat harus mengikuti protokol kesehatan.

Namun tak hanya itu saja pasalnya Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, HM Muhtarom mengatakan telah memberikan tanda penjaga jarak pada saf. Dari kapasitas sekitar 1.700 orang, kini diperkirakan hanya muat sepertiganya.

Baca Juga: Cerita Tikungan Amoy Deli Serdang, Angker Karna Ditunggui Hantu Perempuan

"Kalau overload ya kita siapkan tikar di depan, di halaman. Cara kita menggelar tikarnya nggak menyamping tapi ke belakang," kata Muhtarom saat dihubungi wartawan, Kamis 11 Juni 2020.

Bahkan tak hanya itu saja pasalnya perlengkapan protokol kesehatan juga telah disiapkan, seperti sabun cuci tangan dan hand sanitizer di pintu masuk dan tempat wudu. Petugas pun disiagakan di pintu-pintu masuk.

"Ada petugas kita yang mengecek suhu di lima titik pintu masuk. Nanti juga diminta menggunakan hand sanitizer dulu," ujarnya.

Baca Juga: Kabar Gembira Untuk Pendaki, Gunung Papandayan Sudah Kembali Dibuka, Siap Terima Pendaki

Hal ini juga tak luput dari perhatian pasalnya ia juga memastikan bahwa petugas selalu mengepel lantai seusai waktu salat. Penyemprotan disinfektan dilakukan minimal empat kali dalam sepekan.

"Untuk khotbahnya kita imbau agar tidak lama-lama. Saat salat imam kita imbau membaca surat yang relatif pendek. Setelah salat, jemaah kita imbau langsung pulang, tidak ada kumpul-kumpul," katanya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30