Mau Cobain Auto Reply di Whatsapp? Gini Caranya

Mau Cobain Auto Reply di Whatsapp? Gini Caranya

Yuli Nopiyanti
2020-06-09 11:06:21
Mau Cobain Auto Reply di Whatsapp? Gini Caranya
Aplikasi WhatsApp (Foto:Dok.Istimewa)

Pekerjaan yang menumpuk sering kali membuat kita mengabaikan pesan yang masuk ke WhatsApp. Masalah ini bisa diselesaikan dengan auto reply atau balasan otomatis WhatsApp.

Bahkan tak hanya itu saja pasalnaya Fitur autoreply WhatsApp atau membalas pesan WhatsApp secara otomatis memang baru tersedia di WhatsApp (WA) versi Business, yang ditujukan untuk para pemilik usaha.

Pengguna WhatsApp reguler pun bisa membalas pesan otomatis, meski tidak mendaftarkan diri sebagai akun WhatsApp Business, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Nah, tahukah Anda bahwa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa membuat semacam chatbot untuk membalas pesan secara otomatis, tanpa harus membuka aplikasi WA?

Baca Juga: Disebut Akan Meluncur 5 Agustus, Ini spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 dan Fold 2

Untuk bisa menggunakan auto reply atau balasan otomatis WhatsApp diperlukan aplikasi pihak ketiga. Apikasi ini pun sudah bisa ditemukan di Google Play Store dan App Store dan tidak perlu melakukan root pada ponsel. Namanya, AutoResponder for WA.

Auto Reply buatan PransuInc lantaran memiliki sejumlah fitur yang terbilang cukup lengkap dan gratis. Lantas, bagaimana cara memakai aplikasi tersebut?

Cara bikin pesan balasan otomatis 

Pertama-tama, unduh aplikasi Auto Reply yang tersedia di Google Play Store lewat tautan berikut ini. Setelah terpasang, buka dan izinkan aplikasi untuk membaca notifikasi WA yang masuk.

Bahkan tak hanya itu saja bahkan beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori dengan tampilan utama aplikasi Auto Reply. Di sini, klik ikon "+" yang berada di bagian tengah bawah antarmuka aplikasi untuk mulai membuat chatbot.


Tak cukup sampai di situ saja pasalnya Pada halaman selanjutnya, pilih jenis aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan, apakah WhatsApp reguler (WA Official) atau WhatsApp Business, kemudian tulis kata kunci atau pesan yang nantinya bakal memicu balasan otomatis. 

Misalnya, pengguna bisa mengetikkan kata kunci tanda "*" dan memilih opsi "All" untuk merespons semua pesan yang masuk agar dibalas secara otomatis.

Bahkan contoh lain, pengguna bisa memasukkan kata kunci (keyword) spesifik, seperti "Halo", dan memilih opsi "Exact match" untuk memicu balasan otomatis. Jika demikian, hanya pesan masuk berbunyi "Halo" saja yang akan dibalas secara otomatis.

Tak hanya itu saja bahkan jika sudah memasukkan kata kunci, pengguna bisa langsung membuat isi balasan otomatis yang mereka inginkan, dengan memilih opsi pengaturan lainnya, dengan menggulirkan tampilan layar ke bawah.

Bahkan tak hanya itu saja pasalnya anda juga bisa membuat balasan yang formal apabila nomor WhatsApp dipakai untuk bisnis, atau pesan yang kasual jika nomor WhatsApp hanya dipakai untuk berkomunikasi dengan teman. 

Baca Juga: Ambil Foto Milik Orang Lain Dari Instagram Kini Wajib Izin, Kenapa Ya?

"Maaf slow respons, pesan akan segera dibalas begitu dibaca/online kembali," seperti itu misalnya.

Setelah selesai membuat isi pesan, klik ikon "centang" yang terletak di bawah kanan tampilan aplikasi.

Tak hanya itu saja bahkan nantinya balasan otomatis yang tadi dibuat bakal muncul di halaman utama Auto Reply, seperti tampak pada gambar di bawah ini (sebelah kiri). Pengguna bisa menonaktifkannya dengan mengklik pesan tersebut hingga ujung tab berwarna merah.

Perlu dicatat, agar balasan otomatis yang sudah dibuat bisa dikirimkan ke pengguna, pastikan toggle Auto Reply yang terletak di bagian kanan atas aplikasi diaktifkan. Selain itu, pastikan pula aplikasi tersebut tetap berjalan di background smartphone.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24