Gegara Batal Haji, Warga Tasikmalaya Bagikan Kurma ke Tetangga

Gegara Batal Haji, Warga Tasikmalaya Bagikan Kurma ke Tetangga

Anisa Br Sitepu
2020-06-04 19:27:55
Gegara Batal Haji, Warga Tasikmalaya Bagikan Kurma ke Tetangga
Calon Jemaah Haji Bagikan Kurma untuk Tetangga (Foto:Istimewa)

Sebanyak 120 warga Kampung Cimawate, Desa Tarunajaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya batal menunaikan ibadah haji. 

"Benar pak ini warga satu kampung semuanya 120 orang, harusnya berangkat haji tahun ini. Warga kampung Cimawate kebetulan kami kelola mulai pendaftaran sampai proses pelunasannya,' kata Iim Ibrahim, Kordinator KBIH Riyadul Jannah, Tasikmalaya di kantornya, Kamis, 4 Juni 2020.

Ibrahim mengatakan bahwa mereka daftar haji mulai tahun 2012 lalu. Usai menabung dan menunggu delapan tahunan, jemaah ini harus gigit jari karena batal berangkat ke tanah suci akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Mulai Besok, 50 Masjid di Tangsel Diizinkan Gelar Salat Jumat

"Mereka dipastikan batal naik haji tahun 2020 dan diundur tahun 2021, setelah pemerintah membatalkan keberangakatan jemaah haji," ucap Iim.

Meski begitu,  jemaah calon haji tetap pasrah menerima keputusan pemerintah. Selain demi terhindar dari wabah, pembatalan keberangkatan jemaah haji dianggap tepat untuk menjaga kekhusuan ibadah di tanah suci.

Mereka juga mengaku saat daftar berhaji tidak melakukan komunikasi satu sama lain. Semuanya merupakan pelaku usaha konveksi kain mukena. Di saat pandemi Covid 19, mereka juga merasakan dampaknya tidak bisa memasarkan produk mukenanya.

Untuk berangkat haji, dari 120 calon jemaah haji ini, banyak yang sudah menjual harta benda seperti tanah untuk biaya tambahan. Selain untuk biaya syukuran keberangkatan, sejumlah calon jemaah haji sudah membeli oleh oleh ibadah haji untuk dibagikan. Mereka sudah membeli sejadah hingga makanan khas padang pasir seperti kurma serta kacang kacangan.

Baca Juga: 3 Bulan Ditiadakan, Masjid Al Markaz Makassar Kembali Gelar Salat Jumat Besok

"Iyah saya buka bukaan saja. Sudah beli kurma sejadah sebagai oleh oleh berhaji. Biar nanti ibadah santai gak dibebani pikiran lain. Eh taunya batal ibadahnya. Kan korma mah gak bisa disimpan lama. Kita bagikan ajah ke tetangga dekat" kata Rahmat.

Bahkan, calon jemaah haji mengaku tidak berniat menarik uang biaya pelunasan haji, melainkan tetap menyimpanya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30