Menikmati Keindahan Danau Biru yang Eksotis di Sawahlunto

Menikmati Keindahan Danau Biru yang Eksotis di Sawahlunto

Alpandi Pinem
2020-06-03 13:39:16
Menikmati Keindahan Danau Biru yang Eksotis di Sawahlunto
Danau Biru di Sawahlunto


Sumatera Barat (Sumbar) tidak hanya terkenal dengan panorama alam Ngarai Sianok dan Danau Singkaraknya saja. Jika berkunjung ke Sawahlunto, Anda akan menemukan objek wisata yang belakangan sedang viral di kalangan wisatawan.

Objek wisata tersebut bernama Danau Biru. Ini bukan danau alami yang terbentuk karena letusan gunung berapi. Melainkan, karena bekas penggalian tambang.

Terletak di Parambahan, kecamatan Talawi, Danau dengan air berwarna biru ini kemudian langsung diburu para wisatawan lokal. Pantulan air danau berwarna biru ditambah dengan view pemandangan disekelilingnya membuat Danau Biru ini menjadi primadona baru di Sawahlunto.

Baca Juga : Banto Rayo, Destinasi Wisata Alam yang Instagramable di Sumatera Barat

Sawahlunto dahulu terkenal sebagai kota tambang. Ada banyak bekas galian tambang batu bara yang dijumpai disini. Lubang bekas galian tambang berbentuak kuali raksasa ini kemudian terisi air. Lama kelamaan terbentuk genangan, menjadi sebuah danau. Itu lah asal mulanya Danau Biru yang ‘tak sengaja’ terbentuk.

Kawasan danau ini berpeluang menjadi destinasi wisata yang potensial. Sehingga, pemerintah daerah setempat serius menyokong kawasan ini agar nyaman untuk dikunjungi para pelancong. Diharapkan, danau ini nantinya akan menjadi wajah baru pariwisata Sawahlunto, menggantikan identitas sebelumnya sebagai kota tambang (yang telah lama mati).

Akses ke danau ini memang belum sepenuhnya diperbaiki. Layaknya bekas tambang, jalan berbatu dan medan cukup berat. Untuk mencapai kawasan ini, disarankan untuk datang dengan sepeda motor karena medan yang ditempuh adalah jalan tanah berbatu.

Untuk bisa sampai ke danau ini, pengunjung harus melewati Taman Satwa Kandi. Setelah perjalanan sejauh 6 km barulah sampai di danau berair biru tersebut. Beratnya perjalanan kesini, tentunya terbayar lunas dengan  view cantik yang dijanjikan.

Baca Juga : Lubuak Bulan, Air Terjun Cantik yang Tersembunyi di Sumatera Barat

Genangan air bak kuali raksasa berwarna biru, dikelilingi dengan pepohonan dan bekas galian tambang yang memutih ini tentunya memberikan sensasi keindahan tersendiri. Kolaborasi warna yang diciptakan alam ini tentunya sangat cantik untuk diabadikan untuk berfoto selfie

Selain akses transportasi, terbatasnya fasilitas pendukung seperti toilet menjadi Pekerjaan Rumah terbesar bagi pemerintah setempat. Selain itu, untuk menjamin proses rehabilitasi kawasan yang sebenarnya sudah rusak akibat proses penambangan ini, diharapkan untuk pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat wisata. Demi kenyamanan bersama para pengunjung pemburu spot instagramable untuk berfoto-foto.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30