Batalnya Haji dan Umrah di Masa Rasulullah, Ini Kisah

Batalnya Haji dan Umrah di Masa Rasulullah, Ini Kisah

Ahmad
2020-06-02 17:44:15
Batalnya Haji dan Umrah di Masa Rasulullah, Ini Kisah
Foto: Shutterstock

Kementerian Agama Memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah haji 2020 ke Arab Saudi karena pandemi virus corona (SARS-CoV-2) yang sedang berlangsung. Pembatalan ibadah haji dan umrah ini bukanlah yang pertama kali bagi umat Islam.

Pembatalan ibadah haji dan umrah juga pernah terjadi di masa Rasulullah SAW pada tahun keenam Hijriah atau 1436 tahun silam.

Baca Juga: Ini Keutamaan Puasa Sebelum Idul Adha Beserta Dalilnya

Kala itu Rasulullah yang telah hijrah ke Madinah bermimpi memotong rambutnya, memasuki Ka'bah, dan memegang kunci Ka'bah.

Nabi Muhammad lalu menyampaikannya kepada para sahabat dan memutuskan untuk melakukan umrah. Umrah merupakan salah satu kesempatan mengunjungi Mekkah sekaligus beribadah kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad dan para sahabat yang besar di Mekkah merindukan keluarga dan sanak saudara yang ada di kota itu. Kesibukan menstabilkan kondisi ekonomi dan politik di Madinah serta menghadapi musuh membuat Nabi Muhammad jarang berkunjung ke Mekkah.

Nabi Muhammad SAW beserta kaum Muslimin berjumlah 1.000 jemaah pun bersiap-siap berangkat menuju Mekkah.

Namun di wilayah Hudaibiyah sekitar 22 km dari Mekkah, Nabi dan para sahabat ditahan oleh Kaum Quraisy Mekkah. Mereka tak boleh melaksanakan umrah dan terpaksa kembali ke Madinah.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Tiadakan Pemberangkatkan Haji 2020

Perjanjian Hudaibiyah berisi sejumlah poin yakni, pertama, kaum Muslimin pada tahun itu tidak boleh melaksanakan umrah. Kedua, di tahun berikutnya, tahun ketujuh Hijriah, Rasulullah dan para sahabat boleh melaksanakan umrah selama tiga hari. Kaum Quraisy akan menyingkir dari Mekkah dan kaum Muslimin tidak boleh bersenjata.

Poin ketiga adalah mengizinkan kaum Quraisy yang kembali ke Madinah mengikuti Nabi Muhammad SAW dan sebaliknya mengizinkan kaum Muslimin yang kembali ke Mekkah. Poin keempat adalah gencatan perang selama 10 tahun.

Nabi Muhammad menerima perjanjian Hudaibiyah itu sehingga umrah tak bisa terlaksana.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30