Indahnya Pemandangan dari Gunung Gawalise, Ini Lokasinya di Palu

Indahnya Pemandangan dari Gunung Gawalise, Ini Lokasinya di Palu

Ekel Suranta Sembiring
2020-06-02 13:57:12
Indahnya Pemandangan dari Gunung Gawalise, Ini Lokasinya di Palu
Gunung Gawalise (foto: Pinterest)

Seperti halnya Wonosobo yang mempunyai banyak gunung, palu juga mmepunyai wisata gunung yang elok. Namanya gunung gawalise yang mempunyai ketinggian 2.023 Mdpl.

Gawalise berada di barat kota Palu, Kabupaten Donggala. Gunung Gawalise berpotensi sebagai obyek wisata alam dan budaya yang sangat menarik. Gunung Gawalise

berjarak sekitar ± 34 kilometer dari kota Palu dan dapat ditempuh oleh kendaraan roda empat maupun roda dua memakan waktu sekitar ± 1 jam 30 menit. 

Baca Juga: Inilah 4 Hewan Beracun dari Indonesia yang Bisa Jadi Belum Kamu Ketahui Sebelumnya

Dengan menaiki gunung ini anda akan mendapatkan view kota palu dan juga hamparan laut yang luas.

Gunung yang terletak dibagian barat Kota Palu ini sering dikunjungi oleh para pendaki yang ingin menghabiskan waktu liburnya (weekend), karena jaraknya yang sangat berdekatan dengan Kota Palu. Gunung yang didiami oleh suku Kaili Da’a ini banyak menawarkan pemandangan eksotik lembah Palu, selain kita bisa melihat secara keseluruhan daerah Kota Palu.

Di gunung Gawalise terdapat desa Dombu yang terletak di ketinggian dan berhawa sejuk. Desa lainnya adalah desa Matantimali, desa Panasibaja, desa Bolobia dan desa Rondingo. Desa-desa ini didiami oleh suku Da'a. Suku Da'a merupakan sub-etnis suku Kaili yang mendiami daerah pegunungan. 

Di desa-desa ini dapat disaksikan atraksi sumpit yang diperagakan oleh warga setempat. Rumah di atas pohon masih ditemukan di desa Dombu sampai sekarang.

Di Gunung Gawalise dapat dilakukan hiking/trekking dengan rute-rute Wayu-Taipanggabe -Dombu - Wiyapore - Rondingo Kayumpia/Bolombia - Uemanje dalam waktu kurang dari 1 minggu.

Akses ke gawalise termasuk ideal, hal ini dikarenakan akses para pendaki yang cukup mudah, dapat ditempuh sekitar 10 menit dari pusat kota palu dengan angkutan umum. 1 jam perjalanan dari pelabuhan pantoloan atau cukup 15 menit dari bandara mutiara Palu.

Baca Juga: Ini 5 Nama Kota Unik di Indonesia yang Pasti Belum Banyak Kamu Ketahui

Selain lokasi yang mudah dan murah dicapai, Puskesmas atau rumah sakit juga cukup dekat, Puskesmas lengkap yang terdekat adalah puskesmas Kamonji sekitar 3 Kilometer dari titik start dan Rumah Sakit Umum Anutapura 3 kilometer yang mudah dicapai dengan angkutan umum. Gunung Gawalise berada di sebelah barat kota Palu tepatnya di kelurahan silae. Gunung ini merupakan pilihan alternatif para pendaki di Palu karena jaraknya yang cukup dekat dari pusat kota. hanya sekitar 15 menit perjalanan mobil, kita telah sampai di kaki gunung.

Perjalanan di mulai dari pelabuhan pantoloan kemudian naik mobil ke kelurahan silae (palu barat) dan turun di rumah makan “simpang lima” dari sini anda harus menyusuri jalan aspal sekitar 500 m untuk sampai ke desa Dombu (kaki gunung Gawalise). warga desa dombu juga masih tradisional dan sangat menjaga adat istiadat mereka.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30