Wajib Dicoba? Pemandian Aek Sipangolu yang Dipercaya Membantu Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Wajib Dicoba? Pemandian Aek Sipangolu yang Dipercaya Membantu Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Alpandi Pinem
2020-05-26 13:33:51
Wajib Dicoba? Pemandian Aek Sipangolu yang Dipercaya Membantu Menyembuhkan Beberapa Penyakit
Aek Sipangolu (Istimewa)


Aek sipangolu atau Air Kehidupan yang terletak di Desa Parbubu, Tapanuli Utara, Sumatra Utara dipercaya masyarakat memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat dengan berdoa sebelum meminum, mencuci muka, mandi atau melakukan ritual kecil di Aek Sipangolu, penyakit dalam tubuh akan terangkat dan hilang. Masalah akan berkurang dan kehidupan akan semakin membaik. Khasiat itu sudah dibuktikan oleh banyak orang sejak ratusan tahun lalu.

Aek sipangolu merupakan bagian dari perjalanan sejarah kerajaan Sisingamangaraja XII. Kabarnya, Aek sipangolu berasal dari bekas kaki Gajah Putih milik Raja Sisingamangaraja yang kehausan karena perjalanan panjang mereka dari Manduamas-Barus.

Baca Juga : Ini Cerita Mistis Tentang Gunung Sibayak yang Dikaitkan dengan Hilangnya Sejumlah Wisatawan

Danau Toba yang jauh dikaki gunung yang terjal tidak dapat dijangkau, sehingga Raja Sisingamangaraja berdoa dan menacapkan tombaknya ke bekas pijakan kaki gajah putihnya. seketika, air keluar dan mengalir hingga saat ini.

Awalnya dinamakan Binanga Bibir dalam bahasa Indonesia Telaga Bibir, Aek Sipaulak Hosa atau Air Pelepas Dahaga, dan saat ini Aek sipangolu atau Air Kehidupan ketika seorang lumpuh mandi dan dapat berjalan kembali.

Di satu lokasi yang sama ada tiga tempat bermain air dengan sensasi berbeda. Setelah berdoa dan mandi di Aek Sipangolu, kita dapat melanjutkan berenang di kolam renang maupun di Danau Toba yang berada tepat di bawah Aek Sipangolu.

Baca Juga : Legenda Guru Diden, Manusia Sakti Mandraguna dari Tanah Karo

Untuk menuju tempat wisata Aek Sipangolu ini, dapat menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dari kota Pematang Siantar ke arah Tapanuli Utara. Setiba di Kabupaten Humbang Hasundutan, perjalanan dilanjutkan hingga tiba di Kecamatan Doloksanggul.

Sebelum sampai di Pusat Kota, akan tampak penunjuk arah menuju Bakkara Kecamatan Baktiraja. Kemudian ikuti petunjuk arah dan sekitar 45 menit sampailah di tempat wisata Aek Sipangolu Kecamatan Baktiraja.

Air dingin dan segar dari Bukit Candas sumber Aek sipangolu ini, mengalir langsung ke Kolam renang buatan masyarakat yang berada tepat dibawah Sipangolu. Tidak berhenti sampai disitu, Kemudian mengalir lagi langsung ke Danau Toba di kaki Gunung. Berenang di kolam renang dengan pemandangan biru Danau Toba memberikan sensasi segar.

Baca Juga : KISAH SIBIANGSA DARI SIMALUNGUN, RITUAL SENJATA YANG SARAT MISTIS DAN MENGERIKAN

Seolah berenang di atas danau biru yang sangat luas. Tidak perlu khawatir kulit akan gelap saat mandi di bawah matahari yang terik. Sebab pepohonan mangga akan meneduhkan saat bermain air di kolam renang dan pinggiran Danau Toba ini.

Berenang di Danau Toba diperbolehkan, namun hanya untuk orang dewasa atau minimal sudah remaja. Tujuannya adalah untuk meminimalisir segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi di danau yang luas. Soal biaya, anda hanya perlu menyisihkan sedikit untuk biaya kebersihan.

Lelah bermain di dalam air, jangan cemas karena di sekitar tempat mandi, warga setempat mendirikan podok-pondok kecil untuk beristirahat sejenak. Sembari bersantai, wisatawan dapat menyantap makanan khas Lapo yang cocok dinikmati setelah puas berenang. Indomie Tukkup, Indomi telor menjadi menu favorit, panas dan pedas dari kuah Indomie menghangatkan badan dari segarnya Aek Sipangolu. Harganya tentu sangat bersahabat.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30