Mengenal Vihara Avalokitesvara Graha di Kepulauan Riau, Vihara Terbesar Di Asia Tenggara

Mengenal Vihara Avalokitesvara Graha di Kepulauan Riau, Vihara Terbesar Di Asia Tenggara

Ekel Suranta Sembiring
2020-05-25 18:42:56
Mengenal Vihara Avalokitesvara Graha di Kepulauan Riau, Vihara Terbesar Di Asia Tenggara
Vihara Avalokitesvara Graha (foto: travelandlifestylediaries)

Vihara Avalokitesvara Graha merupakan salah satu ibjek wisata religi patut untuk dikunjungi yang berada di Kabupaten Bintan. Kota Tanjung Pinang di pulau Bintan, merupakan salah satu daerah dengan komunitas warga keturunan Tionghoa terbanyak di Indonesia, komunitas ini hidup rukun dan damai dengan penduduk asli dan suku pendatang lainnya seperti Minang, Jawa, dll.

Bukti sejarah keberadaan komunitas Tionghoa di kota Tanjung Pinang yang sudah mencapai ratusan tahun adalah dengan adanya sebuah vihara Akar yang terdapat di desa Senggarang dan banyak lagi vihara-vihara lain yang menjadi saksi keberadaan etnis Tionghoa dan sebagai indikasi sebagai sebuah komunitas yang besar di pulau Bintan, dan komunitas terbesar terletak di kota Tanjung Pinang. Hal ini di tandai banyaknya terdapat vihara baik di dalam kota maupun luar kota.

Baca Juga: Wow! Bayt Al-Quran Al-Akbar, Wisata Religi yang Unik di Palembang

Vihara Avalokitesvara Graha merupakan salah satu vihara Buddha di Tanjungpinang, kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia. Vihara ini disebut-sebut sebagai Vihara terbesar se-Asia Tenggara. Vihara ini dibangun oleh sebuah yayasan komunitas Tionghoa di Tanjung Pinang untuk dijadikan sebagai tempat memperdalam ilmu agama, berguru dan belajar para bhiksu, sangha, dan guru baik yang datang dari daerah lokal maupun dari luar negeri seperti Tiongkok, Singapura, dan Malaysia.

Vihara Avalokitesvara Graha berada kurang lebih 14 km dari pusat kota Tanjung Pinang. Vihara ini terletak di Kelurahan Air Raja di sebelah kiri Jalan WR Supratman, jalur lintas Tanjung Pinang-Tanjung Uban, Batu 14. Pintu gerbang yang megah dan menjulang tinggi menjadi ciri khas dari vihara ini, dengan buah patung singa menyambut para pengunjung untuk memasuki area vihara ini. Sepanjang jalan masuk, pengunjung akan disuguhi taman yang luas yang ditumbuhi beraneka ragam tumbuhan salah satunya yaitu pohon buah naga.

Vihara Avalokitesvara Graha diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia pada bulan Juni 2009. Vihara yang digunakan sebagai tempat ibadah bagi warga keturunan Tionghoa ini juga biasa dijadikan tempat berkunjung bagi wisatawan asing dari Malaysia, Singapura, maupun Thailand. Beberapa wisatawan berpendapat, jika mengunjungi vihara ini, maka sudah tidak lagi terasa berada di Indonesia, namun terasa sudah berada di negara-negara Asia Timur, khususnya Tiongkok. Selain sebagai tempat beribadah bagi warga keturunan Tionghoa, vihara ini juga dijadikan tempat memperdalam ilmu agama.

Baca Juga: Masjid Cheng Ho, Masjid Unik yang Menjadi Ikon Kota Palembang, ini Sejerahnya

Disamping berfungsi sebagai tempat ibadah, Vihara ini juga menjadi salah satu destinasi wajib wisatawan yang datang ke Pulau Bintan. Selain bangunan yang megah dan kebun kebun serta taman yang tertata indah, Patung Dewi Kuan Yin di dalam bangunan vihara juga menjadi daya tarik bagi pelancong. Wisatawan di perbolehkan untuk masuk ke dalam vihara setelah terlebih dahulu melepas alas kaki di luar bagunan utama, berfoto di dalam bangunan utama di perbolehkan, namun ada baiknya rekan rekan menanyakan kepada petugas setempat area mana saja yang di perbolehkan untuk pengunjung, dan tetap menjaga sopan santun selama berada di tempat ibadah tersebut.

Patung Dewi Kuan Yin Phu Sha dalam posisi duduk ini telah di nobatkan Museum Rekor Indonesia (MURI) menjadi patung Dewi Kuan Yin terbesar yang ada di dalam ruangan. Tinggi patung itu mencapai 16,8 meter, terbuat dari tembaga dengan berat 40 ton, dan berlapis emas 22 karat. Dalam vihara ini, juga ditambahkan hiasan-hiasan dinding dan patung dewa-dewi setinggi kurang lebih 3,5 – 4 meter yang berdiri sejajar di kiri dan kanan ruangan menghadap patung Dewi Kuan Yin Phu Sha ditambah lagi suasana hening di dalam vihara yang jauh dari keramaian.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24