Ditengah Pandemi Corona Masjid Tetap Gaungkan Takbir, Muhammadiyah: Tak Apa Asal Tak Libatkan Massa

Ditengah Pandemi Corona Masjid Tetap Gaungkan Takbir, Muhammadiyah: Tak Apa Asal Tak Libatkan Massa

Yuli Nopiyanti
2020-05-22 06:38:53
Ditengah Pandemi Corona Masjid Tetap Gaungkan Takbir, Muhammadiyah: Tak Apa Asal Tak Libatkan Massa
Ilustrasi Takbiran (Foto:Dok.Isimewa)

Ditengah pandemi virus corona PP Muhammadiyah tidak mempermasalahkan jika umat Muslim akan mengumandangkan takbir di masjid pada malam takbiran. PP Muhammadiyah menyebut jika umat Islam yang akan melaksanakan takbiran sepanjang malam tidak perlu memakai loud speaker.

"Umat Islam yang akan melaksanakan sepanjang malam tidak perlu pakai loud speaker atau melaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti saat dihubungi, Kamis 21 Mei 2020.

Bahkan tak hanya itu saja paslanya dia menuturkan saat menggelar takbiran di masjid, masyarakat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona. Menurutnya, masyarakat bisa bergantian kumandangkan takbir di dalam masjid agar tak melibatkan massa dalam jumlah besar.

"Saya kira tidak ada masalah masjid masih mengumandangkan takbir dengan beberapa catatan, tidak melibatkan massa dalam jumlah besar, mengikuti protokol COVID-19," katanya.

Bahkan tak hanya itu saja Abdul Mu'ti menganjurkan agar takbiran tidak digelar sepanjang malam supaya tak mengganggu ketenangan masyarakat. Selain itu, dia mengimbau agar umat Islam tidak menggelar takbir keliling.

"Kami menghimbau supaya umat Islam tidak menyelenggarakan takbir keliling karena sangat beresiko baik kesehatan maupun keselamatan," katanya.

Diketahui sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan agar takbir keliling tidak dilaksanakan selama pandemi virus Corona. Namun, dia berharap gema takbir tetap dapat digaungkan melalui pengeras suara di masjid dan musala.

"Biasanya kita lakukan takbir keliling supaya tidak usah. Saya sarankan supaya takbir di rumah saja," kata Fachrul melalui siaran langsung di YouTube BNPB, Kamis 21 Mei 2020.

"Tapi saya berharap juga masjid-masjid, musala-musala bisa menggaungkan takbir ini melalui loud speaker-nya sehingga betul-betul kegembiraan menyambut hari raya Idul Fitri itu tidak hilang," sambungnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30