Tipa-Tipa, Sereal Lezat dan Unik khas Batak

Tipa-Tipa, Sereal Lezat dan Unik khas Batak

Alpandi Pinem
2020-05-13 16:31:28
Tipa-Tipa, Sereal Lezat dan Unik khas Batak
Tipa-tipa (Istimewa)


Kabupaten Toba Samosir sebagai salah satu kawasan wisata di Danau Toba memiliki cemilan khas yang disebut dengan tipa-tipa. Hampir tiap daerah di seluruh Indonesia  memiliki makanan khas yang dijadikan oleh- oleh yang bisa dibawa jika berkunjung ke daerah tersebut. Camilan unik ini merupakan makanan tradisional masyarakat Batak yang hingga kini masih banyak dijumpai dan semakin populer.

Tipa-Tipa ini sering disebut juga dengan seralnya orang Batak. Bahan utama yang digunakan adalah padi. Padi yang masih muda dipanen lalu direndam lebih kurang selama dua malam.

Setelah direndam dua malam, padi kemudian ditiriskan dan digongseng hingga mencapai tingkat kematangan tertentu. Dalam keadaan masih panas, padi yang sudah digongseng tersebut ditumbuk.

Dari sinilah nama Tipa-Tipa berasal, karena arti Tipa-Tipa adalah ditumbuk berulang kali yang menggambarkan proses pembuatan camilan ini. Setelah ditumbuk maka beras dibersihkan dari kulitnya dengan cara ditampi, kemudian Tipa-Tipa siap disantap.

Tipa-Tipa biasanya disajikan yaitu dengan mencampurkannya dengan gula dan kepala parut. Teksturnya akan terasa sedikit keras ketika dikunyah. Oleh masyarakat Batak, Tipa-Tipa ini biasanya dinikmati langsung sebagai camilan sebagai teman kopi atau teh. Ada juga yang menikmatinya seperti sereal dengan mencampurnya dengan susu atau menjadikannya bubur.

Aroma Tipa-Tipa ini sangat khas dan terasa pada saat dimakan. Namun bagi yang belum biasa akan terasa aneh pada saat memakannya. Sebab saat dimakan gigi dan rahang kita akan terasa gemetar dan keram karena harus mengunyah Tipa-Tipa dengan kekuatan ekstra karena teksturnya masih hampir seperti beras yang belum dimasak.  Namun, jika sudah mulai memakannya maka akan penasaran dan semakin nikmat rasanya dengan wanginya yang khas.

Camilan ini sering dicari dan dibeli oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah Toba Samosir. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di daerah Silimbat dan Porsea karena di sekitar tempat tersebut banyak yang menjual makanan khas ini. Cemilan ini akan semakin banyak dicari pengunjung khususnya jika ada acara khusus seperti Festival Danau Toba yang diadakan setiap tahun.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30