Yuk Mengenal Sindrom Koroner Akut, Kondisi Serius yang Mengancam Nyawa

Yuk Mengenal Sindrom Koroner Akut, Kondisi Serius yang Mengancam Nyawa

Ahmad
2020-05-05 10:46:34
Yuk Mengenal Sindrom Koroner Akut, Kondisi Serius yang Mengancam Nyawa
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Istilah sindrom koroner akut mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Sindrom koroner akut adalah suatu kondisi di mana aliran darah berkurang ke jantung secara tiba-tiba.  Gejalanya yang mirip dengan masuk angin, seringkali membuat orang-orang keliru mengidentifikasinya. 

Karena itu, perhatikan hal berikut untuk mengenali sindrom koroner akut secara lebih jelas. 

Sindrom koroner akut terjadi karena adanya penyumbatan pada arteri koroner, yang berfungsi untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke otot jantung. 

Ketika tersumbat, fungsi jantung dapat terganggu, bahkan bisa menyebabkan angina atau serangan jantung. Penyumbatan tersebut bisa terjadi dalam satu waktu, atau datang dan pergi selama periode waktu tertentu. Arteri dapat tersumbat atau menyempit karena adanya penumpukan plak di sepanjang dindingnya. Plak ini berisi LDL(kolesterol jahat), lemak, sel darah putih, dan zat lain. 

Plak tersebut dapat tumbuh dalam jumlah banyak sehingga hanya ada sedikit ruang bagi darah untuk mengalir melalui arteri, bahkan bisa menghentikan aliran darah. Bukan hanya itu, plak juga bisa pecah dan menumpahkan isinya ke dalam arteri sehingga membentuk gumpalan darah. 

Jika gumpalan yang ada berukuran cukup besar, maka dapat menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan pasokan oksigen ke sel-sel otot jantung terlalu rendah. 

Hal ini berpotensi membahayakan nyawa. Di samping itu, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan  terkena sindrom koroner akut, yakni berusia di atas 45 tahun, tekanan darah tinggi atau kolesterol, merokok, kurangnya aktivitas fisik, pola makan tidak sehat, obesitas, diabetes, dan riwayat keluarga.

Sementara itu, sindrom koroner akut dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat. Jalani gaya hidup sehat berikut untuk mencegah terjadinya sindrom koroner akut: Mengikuti diet yang menyehatkan jantung dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Biasakan untuk tidak merokok dan membatasi minum alkohol. 

Melakukan olahraga secara teratur minimal 2-3 jam dalam seminggu agar tetap bugar. Rutin memeriksakan tekanan darah dan kolesterol agar dapat mengontrolnya dalam kisaran normal. Dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat, kita dapat mencegah munculnya sindrom koroner akut.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30