Lamak Bana, Ikan Panggang Paccak dari Sibolga Cocok untuk Buka Puasa

Lamak Bana, Ikan Panggang Paccak dari Sibolga Cocok untuk Buka Puasa

Anisa Br Sitepu
2020-04-30 16:45:00
Lamak Bana, Ikan Panggang Paccak dari Sibolga Cocok untuk Buka Puasa
Makanan khas Sibolga, Ikan Panggang Pacak (Foto:Istimewa)

Untuk kamu yang sudah pernah berkunjung ke Sibolga, tentunya tidak asing dengan makanan khas yang satu ini.  

Ikan panggang pacak adalah ikan bakar tepuk, dimana ikan ini dibakar yang diberi bumbu dan dibakar layaknya ikan bakar. 

Menariknya yang membedakan ikan ini dengan ikan bakar adalah dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut yang menggunakan batang serai yang sudah terlebih dahulu dicampur ke dalam bumbu. Jika dalam bahasa pesisir artinya “Lamak Bana” artinya enak sekali.

Makanan khas yang satu ini terkenal bersejarah,  kenapa?  Karena masyarakat Sibolgalah yang pertama kali menemukan racikan seperti ini. 

Hampir semua rumah makan di daerah ini menyuguhkan masakah yang serba pedas ini. Tapanuli Tengah salah satu Kabupaten Sumatera Utara yang memiliki wisata keramba karang, atau wisata bawah laut yang berada di kecamatan Tapian Nauli. 

Daerah ini selalu dimanjakan dengan berbagai rumah makan atau restoran yang tersebar di pusat jajanan pesisir pantai. Jadi, tidak heran jika ikan pacak yang nikmat dapat ditemukan di pesisir pantai Tapian Nauli.

Ikan yang biasanya digunakan diantaranya ikan kakap, ikan Gabu atau bahasa terkenalnya giant traveling/ Kembung dan ikan Mas,ikan kue, baronang, atau senangin. 

Sesekali, kamu harus menyelupkan batang serai ke dalam bumbu lalu ditepuk tepuk lagi ke ikan yang sedang dibakar. Jika ingin lebih nikmat lagi, biasanya ikan ini dibakar menggunakan batok kelapa, atau kulit kemiri kering. Jangan pakai arang, karena dijamin ikannya akan menjadi bau asap.

Bahan untuk membuat ikan pacak kamu harus menyediakan beragam paduan bumbu masak sederhana, seperti serai ,kelapa yang di parut, dan wajib pedas dengan cabai, dicampur dengan kunyit dan asam, sedikit garam dan jeruk nipis. 

Untuk menjaga aroma ikan ini, usahakan agar selalu menjaga bara tidak mengeluarkan api, karena ikannya bisa menjadi bau sangit.  


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30