Misteri Istana Maimun, Mulai dari Legenda Putri Hijau hingga Kesaktian Meriam Puntung

Misteri Istana Maimun, Mulai dari Legenda Putri Hijau hingga Kesaktian Meriam Puntung

Alpandi Pinem
2020-04-19 13:11:28
Misteri Istana Maimun, Mulai dari Legenda Putri Hijau hingga Kesaktian Meriam Puntung
Istana Maimun (Istimewa)



Sumatera Utara, khususnya kota Medan memiliki segudang destinasi wisata dengan berbagai keunikannya. Salah satu tempat menarik dan paling kerap dikunjungi wisatawan di kota ini adalah Istana Maimun.

Istana ini terletak di jalan Brigadir Jenderal katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Sumatera Utara atau yang dikenal juga dengan Istana Sultan Deli.

Sebagai tempat bersejarah, istana ini ternyata menyimpan ragam mitos yang beredar di tengah masyarakat. Kadang kala, kerap pula dikaitkan dengan hal-hal gaib. Apa saja misteri dari Istana Maimun? Berikut ini misteri Istana Maimun sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber:

1. Misteri Proyek Istana Maimun


Istana yang di rancang oleh arsitek asal Italia ini merupakan kepunyaan Sultan Deli, Kerajaan Deli. Pembangunannya selesai pada tahun 1888 dan baru diresmikan tiga tahun setelahnya. Secara karakteristik, Istana Maimun memiliki luas bangunan kurang lebih 2.772 m dengan luas halaman mencapai 4 hektar dan memiliki 30 ruang.

2. Misteri Arsitektur Istana Maimun


Istana yang sengaja dibangun dekat dengan aliran sungai Deli ini memiliki perpaduan arsitektur Moghul, Timur Tengah, Spanyol, India, Belanda, dan Melayu. Pengaruh Islam tampak pada lengkungan atap. Konon, saat itu sungai Deli merupakan akses perdagangan yang berhubungan langsung dengan selat Malaka.

3. Misteri Rewatib Adat Istana Maimun


Hingga kini, Istana Maimun dihuni oleh ahli waris kesultanan Deli. Disaat tertentu, istana ini sering diadakan pertunjukan musik tradisional Melayu dalam rangka pesta perkawinan atau kegiatan sukcita lainnya. Selain itu, setiap malam Jumat, para keluarga sultan mengadakan acara rewatib adat. Yaitu acara keluarga semacam wiridan.

4. Misteri Legenda Putri Hijau Istana Maimun

Konon Putri Hijau, yang memerintah Kerajaan Timur Raya, memiliki paras yang sangat cantik dan dari tubuhnya terpancar cahaya berwarna hijau. Ia memiliki dua saudara laki-laki. Suatu ketika, putri dipinang oleh seorang Sultan Aceh. Hal misterius terjadi akibat dari kedua saudara laki-lakinya menolak pinangan tersebut.

5. Misteri Mambang Khayali Istana Maimun

Akibat dari penolakan pinangan yang dilakukan kedua saudaranya, Sultan Aceh-pun menjadi marah sehingga menyerang kerajaan. Naas, Mambang Yasid –yang merupakan kakak dari Putri Hijau- kalah saat mempertahankan istana. Konon, Mambang Khayali tiba-tiba berubah menjadi meriam dan menembak pasukan Sultan Aceh secara membabi buta.

6. Misteri Mambang Yasid Istana Maimun


Melihat kondisi istana yang tidak memungkinkan, kakak Putri Hijau (Mambang Yasid) tiba-tiba berubah menjadi ular dan membawa Sang Putri di atas punggungnya ke arah sungai Deli hingga menembus Selat Malaka. Konon, kini mereka menghuni negeri bawah laut sekitar selat.

7. Misteri Meriam Puntung Istana Maimun


Meriam Puntung atau yang dalam bahasa Karo sering disebut dengan Meriam Buntung, merupakan jelmaan dari adik Putri Hijau. Akibat tembakannya yang terus-menerus, meriam ini terpecah dua hingga akhirnya bagian depan ditemukan di daerah Surbakti, dataran tinggi Karo, dekat Kabanjahe. Sementara bagian belakang terlempar ke Labuhan Deli, kemudian dipindahkan ke Istana Maimun.

8. Misteri Pecahan Meriam Puntung

Konon, meriam yang terpental ke daerah Surbakti ditemukan dalam pecahan-pecahan. Pecahan meriam tersebut kini di simpan dalam ruangan 6×6 meter ditutupi dengan kain putih yang disebut dengan ‘Uis Dagangen’. Kain putih ini diberikan oleh peziarah yang ‘berdoa’.

9. Misteri Ritual Memanggil Arwah Meriam Puntung

Konon, penyimpanan pecahan meriam dalam ruangan ini disebabkan karena dahulu pernah terjadi pencurian terhadap pecahan. Pencurinya adalah salah satu dukun sakti di desa tersebut. Menurut pengakuannya, pecahan meriam tersebut dapat digunakan dalam ritual memanggil arwah leluhur.

10. Misteri Gulungan Rambut Putri Istana Maimun

Konon, masyarakat Desa Seberaya memiliki satu bukti keberadaan Putri Hijau. Disana tersimpan sebuah gulungan rambut. Mereka percaya bahwa gulungan rambut tersebut milik dari Sang Putri. Gulungan yang hanya segenggam ketika diurai akan menjadi panjang.

11. Kesaktian Meriam Puntung

Berawal dari cerita bahwa Meriam Puntung merupakan jelmaan dari adik Putri Hijau, ternyata di masa kini meriam tersebut masih memiliki sisa-sisa kesaktian. Salah satunya adalah kejadian berpindahnya meriam dari posisi semula. Hingga pada akhirnya, ditemukan di Sungai Deli yang merupakan pertama kalinya sebagian pecahan meriam tersebut terlontar.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30