Penyanyi Glenn Fredly Meninggal karena Meningitis, Waspadai Gejala Sakit Kepala Hebat Disertai Mual

Penyanyi Glenn Fredly Meninggal karena Meningitis, Waspadai Gejala Sakit Kepala Hebat Disertai Mual

adminweb
2020-04-09 08:30:00
Penyanyi Glenn Fredly Meninggal karena Meningitis,  Waspadai Gejala Sakit Kepala Hebat Disertai Mual
Ilustrasi Penyakit meningitis atau radang selaput otak Foto:Istimewa

Kabar duka dari musisi tanah air Glenn Fredly yang menghembuskan nafas terakhirnya pada, Rabu 8 April 2020 di rumah sakit. Tak hanya itu saja bahkan menurut keterangan kerabatnya, Glenn Freddy sempat dirawat setelah menderita meningitis di Rumah Sakit Setia Mitra, Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan.


Apakah itu penyakit meningitis?

Dikutip dari laman hellosehat.com,  meningitis atau radang selaput otak adalah infeksi yang menyebabkan radang selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang (meninges).


Bahkan tak hanya itu saja hal ini paling sering disebabkan oleh virus, namun dalam beberapa kasus dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur. 


Radang selaput otak akibat virus cenderung tidak terlalu parah dan kebanyakan orang sembuh sepenuhnya tanpa pengobatan. Sementara itu, radang selaput otak akibat jamur adalah jenis yang termasuk langka


Bahkan beberapa tanda klasik kondisi ini termasuk sakit kepala, demam, dan leher kaku (kaku kuduk).


Kondisi ini dapat terjadi pada setiap usia. Namun, paling sering menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti anak-anak, orang tua, dan orang dengan HIV/AIDS.


Dikutip dari Mayo Clinic, gejala awal meningitis mirip dengan flu (influenza). Gejalanya kemudian berkembang dalam waktu beberapa jam atau beberapa hari.


Tanda dan gejala meningitis yang biasa muncul termasuk:
 
1.Demam dan menggigil, terutama pada bayi baru lahir dan anak-anak
2.Perubahan kondisi mental seperti kebingungan
3.Mual dan muntah
4.Sensitif terhadap cahaya (photophobia)
5.Sakit kepala parah
6.Leher kaku (kaku kuduk)
7.Sering pingsan


Tak hanya itu saja bahkan Kebanyakan orang dengan meningitis virus ringan sembuh dengan sendirinya dalam 7 hingga 10 hari.


Gejala awal meningitis virus mirip dengan radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri. Namun, meningitis bakteri biasanya parah dan dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti kerusakan otak, gangguan pendengaran, dan ketidakmampuan belajar.


Tanpa perawatan segera, sepsis dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan jaringan, kegagalan organ, dan kematian. 


Apa penyebab meningitis?

Bahkan tak banyak orang yang tahu bahwa Meningitis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dimulai dari bagian lain pada tubuh Anda, seperti telinga, sinus, dan tenggorokan. Penyebab lain termasuk bakteri, jamur, parasit, bahan kimia, obat-obatan, dan tumor.


Penyebab meningitis lainnya adalah, penyakit autoimun, pengobatan kanker, sipilis, tuberkulosis.


Berikut penjelasan soal penyebab radang selaput otak berdasarkan jenis-jenisnya:


1.Meningitis bakteri

Jika penyebab infeksi adalah bakteri, bakteri tersebut termasuk: Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniac, Listeria monocytogenes, Escherichia coli, Klebsiella sp., dan Streptococcus grup B. Bakteri. Bakteri itu menyebar melalui pernapasan dan sekresi tenggorokan (batuk, berciuman).


Bakteri yang menyebabkan radang selaput otak dapat menular ketika seseorang batuk atau bersin. Jika Anda atau anak Anda berada di dekat orang dengan meningitis bakteri, segera hubungi dokter untuk pencegahan.


2.Meningitis virus

Jika infeksi dikarenakan virus, beberapa jenis virus tersebut adalah: virus influenza, virus herpes simplex, virus varicella zoster, virus West Nile, virus limfositik koriomeningitis, dan virus campak (mumps dan measles).


3.Meningitis jamur

Meningitis jamur lebih jarang terjadi dibandingkan dengan kondisi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Orang yang sehat sangat jarang terkena kondisi ini.


Seseorang dengan masalah kekebalan tubuh, misalnya karena mengidap AIDS, lebih berisiko terkena radang selaput otak dalam bentuk ini.


4.Meningitis parasit

Jenis radang selaput otak ini lebih langka dari meningitis virus atau bakteri. Kondisi ini disebabkan oleh parasit yang ditemukan dalam tanah, kotoran dan beberapa hewan dan makanan, seperti siput, ikan mentah, unggas, atau produk.


Salah satu jenis radang selaput otak akibat parasit yang sangat jarang, yaitu meningitis amebic, adalah kondisi yang mengancam jiwa. Jenis ini disebabkan ketika salah satu dari beberapa jenis amoeba memasuki tubuh melalui hidung saat Anda berenang di danau, sungai, atau kolam yang terkontaminasi.


5.Meningitis non-infeksi

Meningitis jenis ini adalah yang tidak disebabkan oleh infeksi. Jenis ini disebabkan oleh kondisi atau perawatan medis lainnya. Ini termasuk: Lupus; cedera kepala; operasi otak, kanker; pengobatan tertentu.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24